Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Ungkap Peran VR46 Academy dalam Meraih Juara Dunia MotoGP 2022

Kompas.com - 08/11/2022, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia sukses menjadi juara dunia MotoGP 2022 berkat bantuan banyak pihak. Dia juga menyebutkan bahwa besar pengaruh VR46 Academy terhadap perkembangan kemampuannya.

Bagnaia mengatakan, akademi yang dipenggawai oleh Valentino Rossi tersebut sekarang ini semakin profesional dan berdedikasi tinggi. Akademi tersebut sangat mendukung para pebalapnya untuk bisa memiliki kesempatan menjadi sukses.

Baca juga: Bagnaia Tak Ikuti Wejangan Rossi Saat Balapan di Valencia

"Ini bukan hanya tentang pengaruh Valentino, tapi semua orang yang bekerja untuk kami di rumah. Awalnya, ini adalah akademi yang sangat berbeda. Tentu ini adalah pertolongan besar, tapi sekarang ini kami sangat profesional," ujar Bagnaia, dikutip dari Crash.net, Selasa (8/11/2022).

Pebalap Ducati asal Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan gelar juara dunia MotoGP 2022 setelah balapan Grand Prix MotoGP Valencia di Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, pada Minggu 6 November 2022.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Ducati asal Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan gelar juara dunia MotoGP 2022 setelah balapan Grand Prix MotoGP Valencia di Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, pada Minggu 6 November 2022.

Bagnaia menambahkan, jika para pebalap ingin latihan menggunakan motor kecil di sirkuit, pihak akademi bisa menyediakannya. Bahkan, jika itu latihan yang digelar di negara lain, seperti Portugal.

"Luar biasa bantuan yang mereka berikan. Mereka memberikan semua hidup mereka, hasrat mereka pada kami dan ini luar biasa. Ini adalah gelar juara dunia MotoGP pertama untuk akademi, ini yang ketiga secara keseluruhan setelah Franky di Moto2 dan saya di Moto2," kata Bagnaia.

Baca juga: Jadi Juara MotoGP 2022, Bagnaia Bawa Pulang BMW M3 Touring

Bagnaia mengatakan, jika melihat performa semua pebalap di VR46 Academy, khususnya di MotoGP, menurutnya semua memiliki kemampuan yang luar biasa.

Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt trackDok. @valeyellow46 Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt track

"Di rumah, kami saling mendorong satu sama lain untuk bisa meningkat. Ketika saya lihat Franky di 2020 menjadi runner-up di klasemen dengan tiga kemenangan, itu seperti referensi bagi saya. Sesuatu yang harus saya kalahkan, dan ini membantu saya dalam meningkatkan kemampuan. Saya ingin berterima kasih pada akademi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com