Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Buka Sarana Pelatihan Otomotif di Karawang

Kompas.com - 04/11/2022, 15:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan fasilitas Dojo sebagai sarana berlatih teknik otomotif di SMK Lentera Bangsa, Karawang, Jawa Barat, Kamis (3/11/2022), bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Karawang.

Tempat pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pelajar SMK, dengan cara studi praktik langsung di Dojo yang dikondisikan riil, sehingga pelajar bisa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja nyata di industri otomotif.

Baca juga: Industri Komponen Otomotif Mulai Bangkit Setelah Pandemi

Kepala Divisi Corporate Planning & Communications PT ADM Dikky Burhan mengatakan bahwa ini menjadi komitmen Daihatsu terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

"Peresmian dan Penandatanganan Kerjasama ini menjadi wujud nyata komitmen Daihatsu
terhadap kepeduliannya akan dunia pendidikan di Indonesia, melalui peningkatan kompetensi
sekolah vokasi, serta menyelaraskan antara kebutuhan dunia industri otomotif dengan dunia
pendidikan melalui Program Pintar Bersama Daihatsu," ucap Dikky dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (4/11/2022).

Fasilitas ini telah dibangun sejak April 2022 yang lalu. Saat peresmpiannya, turut hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karawang Rosmalia Dewi, mewakili Bupati Karawang, Cellica Nurrachdiana, pada 31 Oktober 2022 yang lalu.

Foto Bersama perwakilan Manajemen Daihatsu, pemerintah kabupaten Karawang, dan sekolah vokasi dalam Peresmian Dojo SMK Lentera Bangsa, Karawang, Jawa BaratDok. PT Astra Daihatsu Motor Foto Bersama perwakilan Manajemen Daihatsu, pemerintah kabupaten Karawang, dan sekolah vokasi dalam Peresmian Dojo SMK Lentera Bangsa, Karawang, Jawa Barat

Sejumlah kelengkapan sarana pelatihan yang tersedia di tempat pelatihan tersebut, di antaranya adalah Dojo Assembling yang mengajarkan proses perakitan kendaraan, Dojo Welding mengajarkan teknik dasar pengelasan serta peralatan-material yang digunakan di industri otomotif.

Selanjutnya ada Dojo Behaviour sebagai dasar budaya industri yang fokus dalam pengembangan karakter, Dojo K3 yang mengajarkan pemahaman terhadap menduga potensi bahaya, dan Dojo Measurement untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan alat ukur.

Baca juga: Wuling Almaz Hybrid Resmi Meluncur, Harga Rp 470 Juta

Fasilitas Dojo ini juga dikembangkan di sejumlah sekolah vokasi lainnya, di antaranya SMK Pratama Mulya Ciampel, SMK Iptek Sanggabuana, dan SMK Muhammadiyah 2 Cikampek. 

Hingga saat ini, PT ADM telah membina 439 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia, berkomitmen untuk mendukung pembelajaran pelajar SMK baik hard skill maupun soft skill. Ada kesempatan untuk bekerja di PT ADM bagi para pelajar lulusan SMK tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com