Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kepemilikan Wuling Air ev, Butuh Rp 4,4 Juta buat Cas Baterai

Kompas.com - 01/11/2022, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air ev jadi salah satu mobil listrik yang banyak diminati karena banderol kompetitif, Rp 300 jutaan untuk varian tertinggi. Selain itu, biaya kepemilikannya ternyata relatif cukup terjangkau.

Banyak konsumen yang masih ragu untuk berpindah dari mobil konvensional ke mobil listrik. Dari segi biaya operasional, memiliki mobil listrik diklaim lebih hemat dibandingkan mobil konvensional.

Baca juga: Biaya Perawatan Bulanan Wuling Air ev, Cuma Rp 53.950

Sebagai gambaran berapa besar, redaksi Kompas.com mencoba menghitung dari data-data yang berhasil dikumpulkan. Begini ilustrasinya.

Informasi dari pihak Wuling Motors, total biaya perawatan Wuling Air ev sampai 100.000 Km atau kepemilikan 5 tahun, adalah Rp Rp 3.237.000. Biaya ini termasuk servis, ganti komponen, dan jasa di bengkel resmi.

Jadi, per tahun pemilik cukup menyiapkan dana Rp 647.400 untuk perawatan mobil listrik mungil ini.

Mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Adityo Mobil listrik Wuling Air ev

Kemudian, ada beban biaya untuk mengecas baterai pada mobil listrik. Kalau pengecasan dilakukan hingga 100.000 km atau 5 tahun, jumlah berbeda jika dibandingkan dengan mengisi bensin mobil konvensional.

Untuk perbandingan, kali ini diambil pengecasan menggunakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan tarif Rp 2.475 per kWh.

Air ev tipe Long Range dibekali dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil listrik ini dapat menempuh jarak hingga 300 km.

Jadi, untuk mengisi baterai hingga penuh, dibutuhkan biaya Rp 66.082. Hasil perkalian dari tarif listrik dan kapasitas baterai pada mobil.

Baca juga: Bahas Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air ev

Sehingga, kalau perhitungan untuk menempuh 100.000 km atau kepemilikan 5 tahun, maka biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp 22.027.333. Kalau dirata-rata maka biaya untuk cas baterai adalah Rp 4.405.466 per tahun.

Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLUKompas.com/Donny Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU

Lalu, soal pajak juga Air ev termasuk sangat terjangkau. PKB yang perlu dibayarkan per tahun hanya Rp 385.500. Ditambah dengan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp 143.000. Totalnya menjadi Rp 528.500.

Sehingga, jika ditotal semuanya, maka biaya kepemilikan dari mobil listrik Wuling Air ev tiap tahunnya mencapai Rp 5.581.366.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com