Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Aneka Punya Bus Baru, Legacy SR3 Suites Class Premium

Kompas.com - 01/11/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Aneka baru saja mengambil satu unit bus baru dari Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah. Bodi yang digunakan adalah Legacy SR3 Suites Class, artinya bangku di kabin semuanya selonjoran.

Soal tampilan eksterior, Legacy SR3 bisa dibilang bodi paling baru yang ada di pasaran. Jadi model lampu baru, sampai bagian detail-detail yang kini membuatnya tampil lebih agresif dibanding pendahulunya.

PO Aneka memilih kelir putih untuk bus barunya ditambah dengan aksen berwarna oranye dan kuning keemasan. Selain itu, dipasang juga livery seperti burung elang di bagian samping maupun depan.

Baca juga: Intip Sasis Bus Unik Milik PO Rimba Raya, Scania K310iB Tronton

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Soal kabin, bus milik PO Aneka ini memakai varian Suites Family, jadi susunan bangku sleeper-nya dua di kanan dan satu di kiri (2-1). Hasilnya, bus dengan panjang sekitar 12 meter ini bisa memuat sampai 37 bangku.

Sebelumnya, Suites Class Laksana cuma bisa memuat sampai 24 bangku sleeper. Tapi dengan konfigurasi family, jumlah kapasitas penumpang jadi lebih banyak dan tetap nyaman.

Baca juga: Honda Scoopy Punya Warna Baru, Harga Mulai Rp 21 Jutaan


Selain itu, khusus penumpang yang dapat bangku paling depan (hot seat), kini bisa melihat ke arah depan karena sekatnya bening. Kemudian, setiap penumpang juga bisa menikmati layar hiburan AVOD berukuran 10,8 inci.

Kemudian, sudah menjadi ciri khas untuk bus yang akan beroperasi di Sulawesi, yakni tanpa toilet. Sehingga, kapasitas penumpang jadi bisa lebih maksimal, serta menghindari risiko bau saat perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com