Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Kembangan Ban Motor Seperti Ini Diklaim Bisa Hindari Aquaplaning

Kompas.com - 31/10/2022, 17:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Aquaplaning merupakan fenomena alam yang kerap menjadi penyebab kecelakaan pengendara, terutama saat di musim hujan.

Banyaknya genangan di permukaan jalan, membuat kendaraan akan dengan mudah mengalami aquaplaning atau peristiwa tidak menapaknya permukaan ban dengan permukaan jalan akibat adanya air.

Aquaplaning sendiri akan terjadi ketika kendaraan melaju cukup kencang sehingga ketika ban menyentuh genangan akan melayang, dan itu yang menyebabkan kendaraan sulit dikendalikan.

Baca juga: Awas Bahaya Pasang Ban Motor Terbalik

Kembangan tapak ban berpola huruf V asimetris diklaim bisa memecah air dengan optimal, sehingga bisa mengurangi risiko aquaplaning.dok. FDR Kembangan tapak ban berpola huruf V asimetris diklaim bisa memecah air dengan optimal, sehingga bisa mengurangi risiko aquaplaning.

Technical Service Dept. Head FDR Jimmy Handoyo, mengatakan dibutuhkan pola kembangan ban yang khusus agar bahaya aquaplaning bisa berkurang.

“Kembangan ban berbentuk huruf V asimetris dapat membelah air secara optimal, hal itu dapat mencegah terjadinya aquaplaning,” ucap Jimmy kepada Kompas.com, Minggu (30/10/2022).

Dia mengatakan aquaplaning perlu diantisipasi dengan menciptakan kembangan ban yang dalam serta membuat air bisa terpecah dengan baik dan cepat.

Baca juga: Cara Baru Beli Ban Motor, Bisa Dicoba via Virtual Sebelum Dipasang

Kembangan berebntuk V tidak presisi diklaim dapat memecah air dengan optimal, maka dari itu bisa mengurangi risiko aquaplaning.dok. FDR Kembangan berebntuk V tidak presisi diklaim dapat memecah air dengan optimal, maka dari itu bisa mengurangi risiko aquaplaning.

“Dengan kembangan ban yang berbentuk huruf V tidak simetris, maka air dengan cepat akan terpecah sehingga tidak sempat membuat ban melayang,” ucap Jimmy.

Dia juga mengatakan perlu menghindari penggunaan kembangan ban yang minim saat musim hujan.

“Kembangan yang sedikit tentu akan lebih membahayakan saat digunakan di jalan yang basah,” ucap Jimmy.

Baca juga: Cek Harga Ban Motor pada Oktober 2022

Dia juga mengatakan perlu memastikan kondisi ban, apakah sudah aus atau kempis, karena melaju dengan ban yang aus atau kurang angin akan membahayakan pengendara saat kondisi jalanan basah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.