Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Pikap Otonom dari Honda, Bisa Dikendalikan Lewat Remote Control

Kompas.com - 31/10/2022, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Amerika membuat prototipe kendaraan listrik otonom unik dan dibuat untuk kerja. Kendaraan tersebut diberi nama Honda Autonomous Work Vehicle atau AWV.

Honda AWV ini memiliki bentuk yang unik, seperti bak yang dipasang roda serta bisa berjalan sendiri (tanpa awak). Selain itu, AWV juga bisa dikendalikan dari jarak jauh memakai remote control.

Dikutip dari Hondanews, Honda bekerja sama dengan Black & Veatch, perusahaan konstruksi solar energy untuk melakukan uji coba. Di sana, AWV dipakai kerja, towing, membawa material, air, dan sebagainya.

Baca juga: Honda Scoopy Punya Warna Baru, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

Honda Autonomous Work VehicleHONDANEWS.com Honda Autonomous Work Vehicle

AWV memiliki basis sasis dari kendaraan ATV Honda, jadi sudah dilengkapi dengan sistem pengerak 4x4. Kemudian, AWV dilengkapi juga dengan perangkat autonomous seperti sensor, GPS, radar, lidar, serta kamera untuk monitor.

Secara dimensi, AWV punya panjang 2,9 meter, tinggi 1,42 m, dan lebar 1,5 meter. Ukurannya memang mungil, tapi kemampuan angkutnya cukup besar, yakni sampai 399 kilogram dan towing sampai 750 kilogram.

Baca juga: Jangan Salah, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi


Kemudian, berkat ukurannya yang mungil, AWV punya radius putar cuma 3,9 meter. Jadi dengan kemampuan 4x4, radius putar yang kecil, AWV sangat cocok membawa barang ke area-area yang sempit dan off-road.

Untuk ukuran baterainya, memang belum diinformasikan secara rinci, tapi bisa menempuh jarak 45 Km sekali cas. Lama pengecasan dari AWV ini masih cukup lama, sekitar 6 jam (120 V).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com