Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung EBT, AHM Pasang Solar Panel 8.760 kWp

Kompas.com - 27/10/2022, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) meresmikan penggunaan solar panel sebagai salah satu sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mendukung kegiatan operasional pabrik AHM di Karawang.

Dengan penambahan ini, total solar panel yang terpasang di beberapa fasilitas pabrik AHM mencapai 8.760 kWp. AHM mengatakan, penambahan ini dalam upaya mendukung pengurangan pemanasan global.

Baca juga: Mitos atau Fakta Harga Mobil Bekas di Jakarta Termurah di Indonesia

GM General Affairs AHM Merry Heryana mengatakan seluruh daya yang dihasilkan tersebut disalurkan dan digunakan untuk kegiatan utama proses produksi dan kegiatan penunjang produksi.

Pabrik AHMDok. AHM Pabrik AHM

“Kami terus berupaya dan berinovasi dalam melakukan pemanfaatan energi terbarukan untuk mengimplementasikan ESG dan merealisasikan program Sustainability Development Goals (SDGs),” ujar Merry dalam keterangan resmi, Kamis (27/10/2022).

Sistem operasi solar panel di AHM berjenis On Grid dengan sistem photovoltaic yang mampu mentransformasi sinar matahari menjadi energi listrik.

Energi listrik yang dihasilkan akan disalurkan secara paralel dan disinkronisasi ke berbagai aktivitas perusahaan yang membutuhkan energi listrik.

Baca juga: Yamaha Setop Penjualan Skutik Mio S


Total solar panel yang terpasang di beberapa fasilitas pabrik  Astra Honda Motor (AHM) telah mencapai 8.760 kWp.KOMPAS.com/Gilang Total solar panel yang terpasang di beberapa fasilitas pabrik Astra Honda Motor (AHM) telah mencapai 8.760 kWp.

Merry mengatakan, dengan mengimplementasikan Solar Photovoltaic yang didukung teknologi maju dan modern, AHM turut berkontribusi dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Solar panel

AHM mulai menggunakan solar panel pada 2014. Hingga saat ini sebanyak 18.270 modul panel surya telah terpasang di atap gedung pabrik AHM Karawang, pabrik AHM Cikarang, dan AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.

Seluruh panel surya tersebut memiliki kapasitas sistem sebesar 8.760 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 9.477.077 kWh per tahun, setara dengan pengurangan 8.246 ton emisi CO2 per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com