Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spek Baterai Motor Listrik Yamaha E01, Jarak Tempuh Tembus 104 Km

Kompas.com - 25/10/2022, 18:31 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Yamaha E01 jadi pilihan menarik buat konsumen yang mencari motor listrik. Meski begitu, motor ini sejatinya masih berupa konsep, dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih melakukan tes pasar sebelumnya menjualnya secara resmi.

Salah satu daya tarik E01 adalah jarak tempuhnya yang bisa menembus 100 Km, atau sejauh 104 Km berdasarkan klaim Yamaha.

“E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km, dalam kondisi baterai terisi penuh, lalu motor melaju dengan kecepatan maksimal 60 kpj pada mode Eco,” ujar Hendra Wijaya, Manager After Sales PT YIMM, di Bogor (25/10/2022).

Baca juga: Cerita Pemilik Hyundai Creta Kerap Mengadat, Tidak Mau Distarter

Ilustrasi wall charger bawaan Yamaha buat motor listrik E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi wall charger bawaan Yamaha buat motor listrik E01

Untuk diketahui, E01 menggunakan sumber tenaga fixed baterai berjenis Lithium Ion yang dilengkapi dengan built in Battery Management System berkapasitas 4.9 kWh dan daya 87.6 V / 56.3 Ah.

Baterai ini bisa diisi dayanya dalam tiga opsi charger yang tersedia, yaitu Fast Charger, Normal Charger, dan juga Portable Charger.

Pada mode Portable Charger, untuk mengisi daya dari 0 sampai 100 persen membutuhkan waktu 14 jam. Sebagai tambahan, pada mode ini konsumen bisa melakukan charging di rumah dengan daya minimal 2.200 watt.

Baca juga: Tes Kesenyapan 5 LMPV Terlaris, Siapa Paling Senyap?

Sementara pada opsi Normal Charger dengan wall charger dari Yamaha, perlu waktu 5 jam untuk mengisi dari 0 ke 100 persen. Pada mode ini Yamaha merekomendasikan rumah memiliki daya minimal 3.500 watt.

Adapun saat menggunakan opsi Fast Charger hanya butuh waktu 1 jam untuk mengisi daya dari 0 sampai 90 persen. Opsi Fast Charger ini kabarnya bakal tersedia di diler-diler Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com