Kompas.com - 21/10/2022, 17:31 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kebanyakan sudah mengusung lampu LED, tapi tak sedikit sepeda motor baru yang masih menggunakan hologen sebagai fitur bawaan pabrik.

Sebagai alternatif, akhirnya banyak yang melakukan pergantian dengan lampu LED aftermarket. Pilihannya pun beragam, paling baru Philips Ultinon Essential Motor LED M5.

Marketing Manager Produk Philips Automotive Indonesia Sarah Aspih mengatakan, produk barunya lebih kompatibel dengan soket M5 yang kebanyakan digunakan LED standar pabrikan namun minim penerangan

"Philips Automotive kembali menghadirkan lampu sepeda motor terbaru yang kompatibel dengan soket M5 dengan menawarkan cahaya yang lebih terang 100 persen dari lampu LED bawaan motor," kata Sarah, dalam keterangan resminya, Jumat (21/10/2022).

Baca juga: Ganti Lampu Motor Jadi LED, Ini yang Wajib Diperhatikan

Sarah mengklaim, produk barunya merupakan tipe replacement OEM alias pengganti dari model standar yang menggunakan soket M5 yang banyak digunakan motor di Indonesia.

lampu LED baru khusus motor dari PhilipsPhilips lampu LED baru khusus motor dari Philips

Namun demikian, lampu motor bawaan sudah menggunakan sistem arus Direct Current (DC). Jika menggunakan arus Alternating Current (AC), maka butuh ubahan pada sumber listriknya untuk menjadi DC.

Philips Ultinon Essential Moto LED M5 memiliki keunggulan dari sisi konsumsi daya yang hanya 6-watt. Pendaran cahaya lampu mencapai 6500 kelvin dengan jumlah total titik 8 LED dan dilengkapi lampu dekat serta lampu jauh.

Untuk keamanan, lampu ini dibuat tak menyilaukan bagi pemotor di lawan arah atau pejalan kaki. Sementara sistem pemanasan dilengkapi heatsink alumunium yang melekat pada rumah lampu untuk menyebarkan panas secara merata.

Baca juga: Motor Listrik Alva Sudah Terjual Ratusan Unit


"Lampu ini juga memiliki kelebihan tahan panas yang lebih baik dengan penggunaan normal di Indonesia. Daya tahan juga sangat baik karena bisa mencapai lima tahun dengan pemakaian normal sehari-hari," ucap Sarah.

"Desain lampu yang kompak membuat proses pemasangannya mudah, tak perlu takut kalau lampu ini tidak muat di motor, karena sudah didesain bisa digunakan pada lampu utama motor yang paling kecil sekalipun," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.