Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skenario Francesco Bagnaia Kunci Gelar Juara di GP Malaysia

Kompas.com - 19/10/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia kini memimpin klasemen pebalap sementara MotoGP 2022. Pebalap asal Italia itu unggul dari Fabio Quartararo di tempat kedua yang tersalip karena gagal finis di GP Australia.

Pecco Bagnaia kini memimpin klasemen dengan perolehan 233 poin, unggul 14 poin dari Quartararo yang poinnya tidak berubah yaitu 219 poin.

Baca juga: Inovasi Generasi Muda Menuju Era Netralitas Karbon dengan Toyota Eco Youth

Dengan sisa dua balapan lagi, persaingan antara Bagnaia dan Quartararo semakin ketat. Di atas kertas Bagnaia bisa saja mengunci gelar Juara Dunia 2022 di seri berikutnya dengan berbagai skenario.

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat melakukan sesi latihan bebas keempat MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022). (Foto oleh Paul Crock/AFP).AFP/PAUL CROCK Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat melakukan sesi latihan bebas keempat MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022). (Foto oleh Paul Crock/AFP).

Ada lima skenario yang memungkinkan Pecco Bagnaia mengunci gelar juara di GP Malaysia, di Sirkuit Sepang, akhir pekan ini (23/10/2022).

Pertama, Pecco bisa mengunci gelar musim ini jika menang di GP Malaysia dengan catatan Quartararo finis di posisi keempat atau di bawahnya. Serta Aleix Espargaro finis di posisi berapapun.

Jika menang di GP Malaysia Pecco akan mendapat tambahan 25 poin menjadi 258 poin. Sedangkan jika Quartararo finis di posisi keempat totalnya 232 poin, yang artinya tidak bisa dikejar lagi di seri terakhir.

Kemudian jika Pecco finis posisi kedua maka Fabio Quartararo harus finis posisi ketujuh atau lebih buruk. Jika finis kedua Bagnaia akan dapat 20 poin sehingga total jadi 258 poin.

Baca juga: Komparasi Desain Eksterior Stargazer vs Veloz

Francesco BagnaiaTwitter @ducaticorse Francesco Bagnaia

Skenario ketiga Pecco finis ketiga tapi Quartararo harus finis ketiga atau lebih buruk. Dengan finis ketiga Pecco akan dapat tambahan 16 poin sehingga total 249 poin. Sedangkan Quartararo cuma dapat 5 poin menjadi 224 poin.

Skenario keempat Pecco finis posisi keempat dengan catatan Quartararo finis posisi ke-14 atau lebih buruk karena cuma dapat tambahan 2 poin, sedangkan Aleix Espargaro tidak podium.

Skenario kelima Pecco finis posisi kelima dan Quartararo nol poin atau tidak finis, dengan catatan Aleix tidak podium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.