Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Motor Touring ke Desa Wisata Ramah Berkendara

Kompas.com - 16/10/2022, 17:45 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka Festival Kreatif Lokal 2022, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) mengajak komunitas motor melakukan jelajah atau touring bersama dari kota Yogyakarta menuju Desa Karanganyar, Magelang.

Kegiatan yang diikuti oleh komunitas motor Nmax Riders Semarang dan Modern Vespa Semarang ini juga menjadi bagian dari momentum pemberian predikat kepada Desa Karanganyar – Magelang sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara yang dilakukan secara simbolis melalui peresmian landmark desa.

Pada kesempatan yang sama, Adira Finance juga menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat di Pasar Tradisional Borobudur, Magelang sebagai wujud pemberdayaan, edukasi, kesenian dan budaya untuk mendorong pasar menjadi ruang publik.

Baca juga: Bagaimana Mengatur Ratusan Moge yang Konvoi dan Touring Jarak Jauh?

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program CSR tahunan Adira Finance untuk Indonesia di
bawah pilar Sahabat Lokal.

Program tersebut meliputi kegiatan literasi dan pendampingan UMKM bertajuk Desa
Wisata Kreatif, dan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara serta Festival Pasar Rakyat.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata, salah satunya Desa Karanganyar, Magelang, melalui kolaborasi dengan Kemenparekraf menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal,” tutur Niko Kurniawan, Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance dalam siaran resmi, Minggu (16/10/2022).

Desa Karanganyar dipilih sebagai salah satu Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah
memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata, yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com