Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Desain Kia Carens dengan Hyundai Stargazer, Suka yang Mana?

Kompas.com - 15/10/2022, 17:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia kini diramaikan dengan hadirnya dua produk dari merek Korea Selatan, yakni Kia Carens dan Hyundai Stargazer.

Bicara soal harga, Kia Carens dibanderol mulai Rp 389 juta sampai Rp 449 juta. Sedangkan Hyundai Stargazer harganya mulai Rp 243,3 juta sampai Rp 307,1 juta.

Secara harga, memang Carens diposisikan lebih mahal karena menyasar pasar MPV. Kalau Stargazer, tujuannya memang mau mengacak-acak segmen MPV murah yang ramai merek Jepang.

Baca juga: Kia Carens Inden Dua Bulan, Varian 1.5 L Paling Laku

Hyundai StargazerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Hyundai Stargazer

Pada pembahasan kali ini, redaksi akan membandingkan desain eksterior dari Kia Carens dengan Hyundai Stargazer. Mari bahas pada bagian depan dahulu, di mana muka adalah komponen penting dari kendaraan.

Kia Carens punya desain yang menarik, seperti lampu full LED dengan DRL yang dibungkus garnish hitam yang menyambung dari sisi kiri sampai kanan. Selain itu, desain bumpernya juga gagah, ditambah dengan lampu kabut yang ngumpet di sebelah grille.

Untuk Stargazer, desainnya lebih unik lagi terutama di bagian depan. Bentuk muka dari Stargazer cukup sederhana, tidak banyak lekukan tajam, bahkan terkesan mirip dengan saudara besarnya yakni Hyundai Staria.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2022, Martin Pole Position

Kia CarensKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kia Carens

Beralih ke bagian samping, proporsi dari desain Carens cukup mirip dengan mobil pada umumnya, punya kap mesin panjang. Berbeda dengan Stargazer, tarikan dari depan sampai ke atap dari samping terlihat kontinu, jadi kap mesin ukurannya kecil.

Selain itu, Carens menambah ornamen bodi cladding di yang menyambung dari depan sampai belakang. Apalagi di atapnya dipasang roof rail yang membuat MPV ini bergaya SUV.

Sedangkan untuk Stargazer, punya tarikan-tarikan bodi yang tegas, bisa dilihat dari bagian fender, pintu, sampai fender belakang. Namun secara keseluruhan, bentuk bodi Stargazer dari samping cukup membulat.

Test Drive Hyundai Stargazer Malang, BatuHMID Test Drive Hyundai Stargazer Malang, Batu

Beralih ke bagian belakang, desain dari buritan Carens cukup konvensional. Namun lampu kombinasi yang full LED, ditambah adanya ornamen krom di bagian bumper membuat desain Carens cukup menarik.

Kalau bahas bagian buritan dari Stargazer, memang bukan jadi favorit semua orang. Lampu kombinasi punya bentuk yang cukup aneh, ditambah lampu malam LED yang menyala seperti huruf H saat malam.

Soal desain, memang jadi selera setiap orang. Kalau menyukai tampilan mobil yang umum saja namun modern, Carens bisa jadi pilihan, sedangkan Stargazer cocok untuk orang yang berani tampil beda di jalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com