Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Aquaplaning Saat Berkendara Mobil di Musim Hujan

Kompas.com - 11/10/2022, 12:05 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan membuat sejumlah jalan tergenang air. Baik genangan tersebut cukup dalam atau hanya basah beberapa sentimeter saja.

Baik dalam atau tidak, setiap gengan di permukaan jalan dapat membuat mobil bermasalah. Salah satu peristiwa yang dapat menimbulkan celaka karena genangan dinamakan aquaplaning.

Lantas, apa itu aquaplaning saat berkendara?

Baca juga: Cara Hindari Jebakan Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.Chevrolet Indonesia Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.

 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan aquaplaning merupakan peristiwa tidak menapaknya ban kendaraan dengan sempurna akibat genangan air di permukaan jalan.

“Aquaplaning ini maksudnya ban kendaraan tidak menapak dengan sempurna pada aspal dipengaruhi oleh air, jadi ban itu berada melayang di atas air,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Dia mengatakan kondisi tersebut membuat mobil seperti melayang. Bahkan pada kondisi tertentu arah laju kendaraan menjadi tidak terkendali dengan baik.

Baca juga: Mengenal Bahaya Laten Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Ilustrasi aquaplaningwww.reifen.de Ilustrasi aquaplaning

Sementara itu, Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan aquaplaning adalah peristiwa roda mobil melayang karena pengaruh kecepatan dan genangan air di permukaan jalan.

“Aquaplaning itu kondisi slip yang terjadi pada roda saat melalui genangan air, kondisi ini terjadi pada saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, kondisi kecepatan tinggi yang dimaksud tergantung dari kondisi tapak ban aktual,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Dia mengatakan tidak semua genangan air menyebabkan aquaplaning, tapi salah satu penyebab utamanya adalah air.

Baca juga: Pikap Adu Banteng dengan Toyota Kijang, Diduga Akibat Aquaplaning

Truk aquaplaning di cipularangINSTAGRAM/ROMANSASOPIRTRUCK Truk aquaplaning di cipularang

“Bila kondisi tapak ban jelek, mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka roda akan cenderung mengalami slip, itu bisa membuat mobil rolling (tergelincir),” ucap Eko.

Jadi, aquaplaning merupakan peristiwa yang kurang menguntungkan pengendara mobil ketika permukaan jalan terdapat genangan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com