Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenyamanan Kia Carens Dipakai Harian, Bukan Sekadar Angkut Penumpang

Kompas.com - 11/10/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens yang resmi diluncurkan pada GIIAS 2022 sedang redaksi tes selama beberapa hari. Salah satu bahasan menarik dari Carens terbaru adalah soal kenyamanan.

Memang, Carens dipersiapkan untuk masuk ke pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) 7 penumpang yang artinya kendaraan serba guna. Walau begitu, soal kenyamanan saat dipakai mengemudi juga tetap diperhatikan Kia, bukan sekadar cuma bisa angkut banyak penumpang.

Secara spesifikasi, Carens dibekali suspensi model Mc Pherson Strut di bagian depan dan Multi Link di belakang. Ketika dibawa mengemudi dalam kecepatan rendah, kaki-kaki Carens bisa meredam dengan baik berbagai model permukaan jalan.

Baca juga: Uji Konsumsi BBM Kia Carens, Tembus 17,6 Kpl


Sedangkan saat dibawa agak ngebut atau kecepatan tinggi, gejala body roll memang masih terasa walau tidak sampai mengganggu. Begitu juga dengan limbung, tidak begitu terasa saat dipakai manuver.

Selanjutnya untuk bouncing, memang suspensinya terasa agak memantul saat melewati polisi tidur yang cukup tinggi di kecepatan rendah. Namun, hal ini bisa disiasati dengan menyesuaikan kecepatan kendaraan.

Lanjut lagi soal kesenyapan kabin, untuk kelas MPV, Carens menawarkan kesenyapan yang biasa saja. Jumpa dengan motor pakai knalpot racing di jalan, suaranya tetap bisa masuk ke kabin.

Baca juga: Menyambut Kehadiran Toyota Innova Hybrid Bulan Depan

Kia CarensKOMPAS.com/ADITYO WISNU Kia Carens

Namun saat dibawa mengemudi, terutama di jalan tol, suara angin tidak begitu terdengar sampai ke kabin. Begitu juga untuk suara ban, tidak terlalu berisik saat mobil berjalan baik di aspal maupun beton.

Jadi, dengan harga Rp 449 juta untuk varian 1.400 cc turbo, Carens menawarkan kenyamanan yang cukup baik untuk dipakai harian. Hal seperti limbung dan stabilitas saat dibawa mengemudi masih bisa ditolerir dan tidak mengurangi kenyamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com