Kompas.com - 10/10/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens generasi terbaru sudah hadir di Indonesia dan siap meramaikan pasar kendaraan multiguna (MPV). Sama dengan pesaingnya, Carens datang dengan membawa dua pilihan mesin, 1.500 cc NA dan 1.400 cc turbo.

Kali ini, redaksi Kompas.com dapat kesempatan untuk mengetes Kia Carens dengan varian mesin 1.400 cc turbo. Harga dari mobil yang bertenaga 138 TK dan torsi 242 Nm ini adalah Rp 449 juta OTR Jakarta.

Secara performa, mesin Kappa 1.400 cc turbo ini cukup baik. Berdasarkan pengetesan yang dilakukan dengan alat racelogic, Carens mencatatkan waktu 10,9 detik untuk akselerasi 0-100 kpj.

Baca juga: Impresi Interior Kia Carens, Pilihan Bahan Mewah dengan Captain Seat


Soal tenaga, memang tidak diragukan lagi. Walau tenaganya besar, konsumsi bahan bakar dari Carens ini juga tetap baik. Pada pengetesan yang dilakukan, bahan bakar yang digunakan adalah Ron 92.

Berdasarkan pengetesan yang redaksi lakukan, untuk konsumsi bahan bakar di rute dalam kota Carens catatkan 12,5 Km per liter (kpl). Rute yang dilewati adalah sekitaran MT Haryono-TB Simatupang-Kalimalang-MT Haryono, sejauh 60 Km.

Kondisi jalan dilalui saat jam pulang kerja, jadi didapatkan mobil berjalan di tengah kemacetan dan juga beberapa ruas yang masih lancar. Mesin 1.400 cc tersebut bisa tetap mendapatkan konsumsi bahan bakar yang relatif hemat.

Baca juga: Netizen Heboh Lubang Tangki Nissan Grand Livina Keropos

Kia CarensKOMPAS.com/ADITYO WISNU Kia Carens

Sedangkan untuk rute luar kota, mayoritas jalan yang dilewati adalah bebas hambatan. Pengetesan yang redaksi lakukan adalah perjalanan dari Jakarta-Bogor-Jakarta dengan jarak 100 Km.

Hasilnya, Kia Carens mendapatkan konsumsi bahan bakar 17,6 kpl. Saat dipakai mengemudi, mode normal dan sport digunakan agar bisa merasakan performa 138 TK yang dimiliki Carens.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.