Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Konsumsi BBM Kia Carens, Tembus 17,6 Kpl

Kompas.com - 10/10/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens generasi terbaru sudah hadir di Indonesia dan siap meramaikan pasar kendaraan multiguna (MPV). Sama dengan pesaingnya, Carens datang dengan membawa dua pilihan mesin, 1.500 cc NA dan 1.400 cc turbo.

Kali ini, redaksi Kompas.com dapat kesempatan untuk mengetes Kia Carens dengan varian mesin 1.400 cc turbo. Harga dari mobil yang bertenaga 138 TK dan torsi 242 Nm ini adalah Rp 449 juta OTR Jakarta.

Secara performa, mesin Kappa 1.400 cc turbo ini cukup baik. Berdasarkan pengetesan yang dilakukan dengan alat racelogic, Carens mencatatkan waktu 10,9 detik untuk akselerasi 0-100 kpj.

Baca juga: Impresi Interior Kia Carens, Pilihan Bahan Mewah dengan Captain Seat


Soal tenaga, memang tidak diragukan lagi. Walau tenaganya besar, konsumsi bahan bakar dari Carens ini juga tetap baik. Pada pengetesan yang dilakukan, bahan bakar yang digunakan adalah Ron 92.

Berdasarkan pengetesan yang redaksi lakukan, untuk konsumsi bahan bakar di rute dalam kota Carens catatkan 12,5 Km per liter (kpl). Rute yang dilewati adalah sekitaran MT Haryono-TB Simatupang-Kalimalang-MT Haryono, sejauh 60 Km.

Kondisi jalan dilalui saat jam pulang kerja, jadi didapatkan mobil berjalan di tengah kemacetan dan juga beberapa ruas yang masih lancar. Mesin 1.400 cc tersebut bisa tetap mendapatkan konsumsi bahan bakar yang relatif hemat.

Baca juga: Netizen Heboh Lubang Tangki Nissan Grand Livina Keropos

Kia CarensKOMPAS.com/ADITYO WISNU Kia Carens

Sedangkan untuk rute luar kota, mayoritas jalan yang dilewati adalah bebas hambatan. Pengetesan yang redaksi lakukan adalah perjalanan dari Jakarta-Bogor-Jakarta dengan jarak 100 Km.

Hasilnya, Kia Carens mendapatkan konsumsi bahan bakar 17,6 kpl. Saat dipakai mengemudi, mode normal dan sport digunakan agar bisa merasakan performa 138 TK yang dimiliki Carens.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com