Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2022, 16:41 WIB
|

TANGERANG, SELATAN, KOMPAS.com - Hujan beberapa hari terakhir telah menyebabkan sejumlah daerah di Indonesia terendam banjir. Tidak hanya di pemukiman warga, tapi air juga meluber di jalan raya.

Hal itu perlu dijadikan perhatian buat pemilik kendaraan khususnya mobil. Setidaknya diperlukan pemilihan rute agar mobil yang dikendarai tidak terjebak banjir.

Pasalnya, banjir bisa merusak beberapa komponen mobil termasuk salah satunya Anti-lock Brake System (ABS) yang tidak murah harganya.

Baca juga: Power Steering Rawan Rusak Setelah Mobil Terendam Banjir

Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over TebetDicky Aditya Wijaya Mobil Pajero Sport menerobos genangan air setinggi sekitar 50 cm di sekitar Fly Over Tebet

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan modul ABS tidak dibekali dengan bahan waterproof yang tahan terhadap genangan air sehingga berpeluang mengalami kerusakan.

“Menurut saya modul ABS itu bukan waterproof (tahan terhadap tekanan air), jadi kalau terendam banjir ada potensi kerusakan elektroniknya atau motornya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (9/10/2022).

Berbeda antara terendam dan kena cipratan air, menurut Didi ABS tidak akan bermasalah jika hanya terkena cipratan air saat mobil menerjang banjir yang tidak terlalu dalam.

Baca juga: Berapa Biaya Perbaikan Mobil Setelah Terendam Banjir?

Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).Dok. BPBD Kabupaten Malang Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).

“Kalau hanya tersiram air sepertinya tidak masalah, jadi modul ABS ini hanya dilengkapi water resistant saja,” ucap Didi.

Dia juga mengatakan bila ABS ini benar-benar rusak, maka solusinya adalah dilakukan penggantian komponen satu set modul ABS beserta motornya, karena itu merupakan komponen yang menjadi satu.

“Iya diganti kalau memang rusak, namun ada juga jasa yang bisa memperbaiki modulnya, namun tergantung kerusakannya,” ucap Didi.

Baca juga: Aki Bisa Rusak Gegara Mobil Menerjang Banjir?

Rem ABSDicky Aditya Wijaya Rem ABS

Sementara itu Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan rusak atau tidaknya ABS karena terendam banjir ditentukan oleh kuat atau tidaknya seal pada soket modul ABS.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com