Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sleeper Bus Cocok untuk Perjalanan Jarak Dekat

Kompas.com - 07/10/2022, 11:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri pembuat bodi bus di Indonesia membuat inovasi dengan menghadirkan bus sleeper. Pertama ada Karoseri Laksana dengan Suites Class, lalu Adiputro dengan Dream Coach, dan Tentrem memakai nama Priority.

Bus tersebut pada dasarnya diisi dengan kabin individual disusun bertingkat. Selain itu, model bangku yang digunakan punya sandaran kaki panjang serta sandaran yang bisa direbahkan sampai 150 derajat.

Bisa dibilang, model sleeper saat ini menjadi salah satu bus yang paling nyaman dan private. Selain itu, berbagai PO mulai menghadirkan bus kelas sleeper ini untuk armadanya.

Baca juga: Bus Baru PO Harapan Indah, Pakai Bodi Priority Buatan Karoseri Tentrem

Kabin bus Avante H9 Priority milik PO Harapan IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus Avante H9 Priority milik PO Harapan Indah

Yohan Wahyudi, Director Karoseri Tentrem mengatakan, memang pasar sleeper bus saat ini sedang banyak diminati. Tetapi, ada beberapa pertimbangan di mana bus ini cocok atau tidak melayani rute tersebut.

"Kalau jarak tempuhnya terlalu jauh, saya rasa malah enggak enak (pakai bus sleeper). Misalnya kalau 20 jam ke atas, kita tidur terus kan enggak enak," ucap Yohan di Jakarta, Rabu (5/9/2022).

Saat ini, bus dengan perjalanan lebih dari 20 jam bisa dari Jakarta menuju Bali atau Jakarta ke berbagai kota di Sumatera. Menurut Yohan, bus sleeper lebih enak dipakai untuk trayek sedang, sekitar 10 jam perjalanan.

Baca juga: Simak Aturan Pergantian Warna Pelat Nomor Kendaraan


"Kalau dari malam sampai subuh, enak (pakai sleeper bus), rata-rata 10 jam seperti dari Surabaya ke Jakarta," ucapnya.

Yohan menjelaskan, ketika penumpang sudah selesai kerja seharian di Surabaya, tinggal naik bus sleeper, dan istirahat selama perjalanan. Jadi ketika pagi, sudah sampai di Jakarta dan segar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com