Polres Cirebon Kota Mulai Berlakukan TNKB Warna Putih

Kompas.com - 06/10/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) di sejumlah wilayah di Indonesia. Pergantiannya saat ini dilakukan secara bertahap.

Perubahan warna pelat nomor ini mengacu pada Perpol Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Baca juga: Operasi Zebra 2022, Polisi Bakal Tindak Kendaraan Pelat Dewa yang Langgar Lalu Lintas

Pasal 45 Nomor 1 Bagian A menjelaskan bahwa TNKB memiliki tulisan hitam untuk kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, PNA, dan Badan Internasional. Sedangkan untuk kendaraan listrik, ada tambahan berupa lis biru di bagian bawah.

Diberlakukan secara bertahap, satu daerah lagi yang mulai menerapkan pemakaian pelat putih adalah Cirebon Kota. Saat ini, sudah ada 200 pelat nomor kendaraan warna putih. Namun, pelat tersebut hanya diperuntukkan kendaraan roda dua.

Sementara untuk kendaraan roda empat, pelat yang digunakan masih warna hitam karena stok TNKB warna hitam masih ada.

Ilustrasi tampilan pelat putih dengan teknologi RFID di Eropa yang diproduksi oleh Toennjestoennjes.com Ilustrasi tampilan pelat putih dengan teknologi RFID di Eropa yang diproduksi oleh Toennjes

"Kami mulai mendistribusikan dan memberikan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan dasar warna putih sejak 2 minggu yang lalu," ucap Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja dikutip dari Korlantas Polri, Rabu (5/10/2022).

Tidak sembarangan, TNKB warna putih ini hanya akan diperuntukkan kendaraan yang memenuhi syarat.

Baca juga: Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

"Sesuai aturan yang berlaku, hanya dapat diberikan kepada yang perpanjangan 5 tahun dan kendaraan baru," ucap dia.

Perlu diingat, walaupun pelat putih sudah berlaku di sejumlah daerah, pemilik kendaraan masih tetap bisa memakai pelat dengan warna dasar hitam, dan diimbau untuk tidak melakukan pergantian warna secara mandiri.

Terpenting, masa berlaku pelat hitam yang dipakai harus sesuai dengan masa kedaluwarsa yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.