Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Pamerkan Motor Listrik EV Concept di Intermot 2022

Kompas.com - 06/10/2022, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lewat pameran motor internasional Intermot 2022 di Jerman, Kawasaki memamerkan sepeda motor listrik EV Concept (e-bike).

Pabrikan yang berbasis di Tokyo ini akhirnya mengungkap identitas motor yang sempat hadir pada ajang Suzuki 8 Hours.

Disitat dari Paultan (6/10/2022), Presiden Kawasaki Hiroshi Ito, mengatakan, pihaknya akan menghadirkan tiga kendaraan listrik pada tahun 2022.

Baca juga: Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Kawasaki EV Concept, calon motor listrik KawasakiPAULTAN.org Kawasaki EV Concept, calon motor listrik Kawasaki

Sementara itu, Masaya Tsurono, Managing Director Kawasaki Motors Europe, mengatakan, EV Concept akan menjadi dasar dari e-bike Kawasaki masa depan.

Tsurono juga mengatakan, pilihan listrik dan bio-fuel sedang dipertimbangkan oleh Kawasaki. Penelitian ini juga mencakup penggunaan hidrogen sebagai pilihan netral karbon yang memungkinkan.

Kawasaki juga terlibat dalam kemitraan di dunia kendaraan. Keja sama ini tidak terbatas pada kendaraan roda dua semata, tapi juga teknologi baru yang relevan lainnya.

Baca juga: Kendaraan Listrik Diusulkan Dapat Keringanan Tol dan Parkir

Tsurono menambahkan Kawasaki akan terus memperkuat mereknya, melayani kebutuhan pelanggan dalam netralitas karbon.

Sebelumnya, Visor Down melaporkan bahwa Kawasaki siap meluncurkan motor listrik pada akhir 2022. Kawasaki bakal memposisikan motor ini untuk masuk ke dalam segmen motor 125 cc.

Kabarnya motor tersebut diberi nama E2 dan E2-R. Meski begitu, belum diketahui dapur pacu seperti apa yang bakal dipakai.

Baca juga: Dukung Transisi 2 Juta Motor Listrik, Menhub Upayakan SRUT Gratis

Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electricautoby.jp Prototipe motor listrik Kawasaki alias Kawasaki Z Electric

Namun diharapkan Kawasaki E2 menghasilkan tenaga sekitar 14 tk (11 kW) dan diluncurkan pada November menurut Federasi Sepeda Motor Inggris (BMF).

BMF juga melaporkan bahwa akan ada versi fairing dari E2, yang berpotensi disebut E2-R. Ini akan jadi motor yang mengusung basis sama, tapi dengan tampilan lebih sporty dan tenaga puncak lebih tinggi, rumornya bahkan bisa mencapai 30 tk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com