Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Bus Listrik di Busworld SEA 2022, Ada Buatan Lokal

Kompas.com - 05/10/2022, 17:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Busworld South East Asia (SEA) kembali digelar pada tahun ini setelah ditunda karena pandemi. Pameran kali ini dilaksanakan di JI Expo Kemayoran pada 5-7 Oktober 2022.

Busworld SEA 2022 jadi ajang karoseri dan perusahaan bus membawa produk serta inovasi. Tahun ini, Busworld SEA dihadiri empat karoseri pembuat bodi bus dan dua perusahaan global.

Karoseri yang hadir di antaranya Adiputro, Laksana, Tentrem, dan New Armada. Sedangkan dua perusahaan bus yang hadir adalah Zhongtong dan Golden Dragon.

Baca juga: Busworld SEA 2022 Resmi Dibuka, Bawa Banyak Bus Listrik

Bus listrik Karoseri TentremKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus listrik Karoseri Tentrem

 

Dari empat karoseri tersebut, Karoseri Tentrem dan Laksana membawa bus listrik baru. Untuk Tentrem, membawa bodi bus baru dengan nama Velocity W5 yang merupakan hasil kerja sama dengan PT INKA.

Bus listrik yang dibawa merupakan model low floor dengan panjang 12 meter. Bagian sasis sampai baterai merupakan buatan PT INKA, sedangkan bodi dan rangka dibuat oleh Tentrem memakai bahan aluminium dan stainless steel.

Sedangkan Karoseri Laksana, membawa bodi bus listrik eCityline3 yang dipasang ke sasis BYD. Bodi tersebut merupakan model high floor dengan panjang 12 meter.

Baca juga: Yamaha Majesty S, Sepupu Aerox 155 Resmi Meluncur

Bus listrik Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus listrik Karoseri Laksana

Kemudian untuk Golden Dragon (SAG), memboyong dua bus listrik di pameran Busworld 2022, satu panjang 6 meter, dan satu lagi 12 meter. Untuk yang 6 meter, punya spesifikasi baterai 90,24 kWh yang bisa menempuh jarak 122 Km.

Sedangkan yang model 12 meter, modelnya low floor dengan kapasitas baterai 326 kWh yang bisa menempuh jarak 250 Km. Tenaga yang disalurkan motor listrik ke roda sebesar 145 kW (rated) dan 245 kW (peak) dan torsi 1.100 Nm.

Bus listrik ZhongtongKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus listrik Zhongtong

Selain SAG, Zhongtong juga membawa dua bus listrik. Satu unit dengan panjang 6 meter dan satu lagi 12 meter. Untuk yang 6 meter, memang punya desain kompak, cocok jadi feeder di jalanan yang sempit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com