Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Aman Bawa Mobil Transmisi Matik buat Pemula

Kompas.com - 05/10/2022, 12:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terkesan mudah, mengemudikan mobil transmisi matik juga butuh ketelitian dan pelatihan yang sama layaknya belajar membawa mobil transmisi manual.

Hal ini juga berlaku bagi pengemudi mobil yang sebelumnya sudah terbiasa mengemudikan mobil manual. Banyak anggapan bahwa seseorang yang sudah mahir mengemudikan mobil manual, maka juga akan mahir dalam mengoperasikan mobil matik.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Geber Mobil Matik Nonstop Bikin Transmisi Cepat Rusak?

Padahal, hal tersebut tidak benar. Banyak kejadian pengemudi salah menginjak pedal, atau menginjak pedal rem pada mobil matik dengan kaki kiri. Hal ini dapat membahayakan pengemudi dan juga pengguna jalan yang lain.

Roslianna Ginting, Training Director dari The Real Driving Center (RDC) memaparkan ada setidaknya tiga hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi mobil matik pemula, agar dapat meminimalisir potensi kecelakaan lalu lintas.

Tombol Shift Lock pada mobil matik gunanya memindahkan posisi 
tuas gigi saat mesin mobil matiDicky Aditya Wijaya Tombol Shift Lock pada mobil matik gunanya memindahkan posisi tuas gigi saat mesin mobil mati

1. Gunakan satu kaki yaitu kaki kanan untuk pengoperasian pedal

Roslianna menjelaskan, posisi kaki yang salah bisa berbahaya, khususnya jika pengemudi tidak sengaja menekan kedua pedal atau menekan pedal yang salah.

"Jangan pernah menggunakan kaki kiri di rem bila mengemudi (mobil) matik. Ini berbahaya untuk keselamatan Anda," ucap Roslianna kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Harga Oli Mobil Transmisi Matik Oktober 2022

2. Jangan sembarangan memindahkan transmisi ke netral saat mobil sedang dioperasikan

Pengemudi mobil manual maupun matik ada yang memiliki kebiasaan memindahkan transmisi ke netral, misalnya saat kontur jalan menurun. Ini merupakan kebiasaan yang berbahaya.

"Memindahkan transmisi ke netral saat di turunan. menuruni bukit atau dalam keadaan lain dalam mode netral dapat berpotensi berbahaya. Tindakan ini dapat mengakibatkan hilangnya kontrol yang Anda miliki terhadap kendaraan," ucap dia.

3. Jangan memindahkan transmisi saat mobil masih bergerak

Roslianna menjelaskan, jangan memindahkan transmisi, misalnya dari P ke R saat kendaraan masih bergerak maju atau saat mobil masih bergerak mundur.

"Mengubah transmisi ketika kendaraan Anda belum berhenti total berpengarug buruk untuk komponen transmisi kendaraan yang akan membuat gearbox aus dengan cepat," ujar Roslianna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com