Kompas.com - 05/10/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi ban mobil wajib hukumnya untuk diperhatikan. Mengingat hanya komponen ini yang menempel ke aspal, jadi sangat berbahaya kalau kondisinya buruk.

Ban yang sudah jelek harus diganti, namun masih ada saja yang tidak sadar kondisinya. Misal selama ban masih bulat, maka tetap aman, padahal jika alur bannya sudah habis, itu yang jadi berbahaya.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, ban harus diganti saat sudah ada kerusakan yang parah.

Baca juga: Begini Cara Blokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual

Ban mobil benjol bisa terjadi disebabkan tekanan udara ban yang kurang Dicky Aditya Wijaya Ban mobil benjol bisa terjadi disebabkan tekanan udara ban yang kurang

"Misal sobek tembus pada dinding ban, kerusakan pada bagian bead (bagian yang menempel ke pelek)," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Dinding Ban Mobil Kerutan, Apakah Tetap Aman Digunakan?


Selain itu, jika kembangan ban sudah habis atau gundul, bisa segera ganti ban dengan yang baru. Jika tetap dipakai, berpotensi alami selip, terutama saat melintas jalanan yang basah.

Kemudian, untuk ban yang punya beberapa tambalan, berisiko terjadi pecah ban. Jadi lebih baik segera lakukan penggantian ban saat kondisinya sudah terlalu parah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.