Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Ciri-ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Kompas.com - 05/10/2022, 11:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi ban mobil wajib hukumnya untuk diperhatikan. Mengingat hanya komponen ini yang menempel ke aspal, jadi sangat berbahaya kalau kondisinya buruk.

Ban yang sudah jelek harus diganti, namun masih ada saja yang tidak sadar kondisinya. Misal selama ban masih bulat, maka tetap aman, padahal jika alur bannya sudah habis, itu yang jadi berbahaya.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, ban harus diganti saat sudah ada kerusakan yang parah.

Baca juga: Begini Cara Blokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual

Ban mobil benjol bisa terjadi disebabkan tekanan udara ban yang kurang Dicky Aditya Wijaya Ban mobil benjol bisa terjadi disebabkan tekanan udara ban yang kurang

"Misal sobek tembus pada dinding ban, kerusakan pada bagian bead (bagian yang menempel ke pelek)," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Dinding Ban Mobil Kerutan, Apakah Tetap Aman Digunakan?


Selain itu, jika kembangan ban sudah habis atau gundul, bisa segera ganti ban dengan yang baru. Jika tetap dipakai, berpotensi alami selip, terutama saat melintas jalanan yang basah.

Kemudian, untuk ban yang punya beberapa tambalan, berisiko terjadi pecah ban. Jadi lebih baik segera lakukan penggantian ban saat kondisinya sudah terlalu parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com