Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi Motor Kustom, Semua Beralih ke Listrik?

Kompas.com - 05/10/2022, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Tren elektrifikasi tidak hanya merambah pada kendaraan baru saja. Dalam dunia kustom motor, virus ini telah menjangkiti pemodifikasi domestik maupun internasional.

Lulut Wahyudi, Director Kustomfest, mengakui, tren elektrifikasi sudah menyebar ke berbagai sektor industri, salah satunya modifikasi motor.

Seperti diketahui, pada penyelenggaraan Kustomfest 2022, kehadiran Electric Chopper Bike yang menjadi lucky draw, telah menyita perhatian para penikmat modifikasi.

Baca juga: Catat, Ini Ruas Tol yang Dipasang Kamera ETLE

Motor listrik custom di Kustomfest 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Motor listrik custom di Kustomfest 2022

“Di Kustomfest ada kelas khusus, exhibition electric bike, harapannya jadi trigger itu saja,” ujar Lulut di Yogyakarta (1/10/2022).

“Nanti akan ada builder-builder lain yang kemudian bikin chopper, bikin cafe racer, pakai motor elektrik. Kan Kustomfest selalu jadi kultur, selebihnya kami harap teman-teman yang menge-lead,” kata dia.

Menurutnya, tren motor kustom yang dikonversi menjadi tenaga listrik sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu, dan bakal menjadi salah satu cabang yang diminati modifikator.

Baca juga: Begini Cara Blokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual

“Orang Jepang yang awal-awal itu Yoichi Yoshizawa, dia itu bikin motor elektrik. Kemudian Kaichiroh Kurosu, itu juga bikin. Yoichi bikin itu dua tahun lalu,” ucap Lulut.

Meski begitu, tren elektrifikasi tidak serta merta mengubah arah modifikasi ke depannya menjadi serba listrik.

Lulut menambahkan, kehadiran teknologi listrik pada motor kustom merupakan sesuatu yang lain. Karena motor listrik memiliki rasa berkendara dan kultur yang berbeda dibandingkan motor konvensional.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Menyasar Segmen Mid Range

Chopper Electric Bike jadi lucky draw Kustomfest 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Chopper Electric Bike jadi lucky draw Kustomfest 2022

I’m not sure, aku enggak berani prediksi juga. Karena benar-benar different. Ya kita lihat lah,” kata Lulut.

“Mungkin kalau nanti sudah ramai di mana-mana, orang akan tetap keep motor kesayangan dia yang berbahan bakar fosil. Tapi untuk daily dia akan pakai ini (motor listrik), atas nama simpel, atas nama ramah lingkungan, dari sisi efisiensi, dia akan lebih memilih ini,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com