Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Ban Punya Masa Kedaluwarsa?

Kompas.com - 05/10/2022, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen yang punya usia pakai. Ada saatnya ban mobil harus diganti dengan yang baru.

Namun ada yang mengatakan pada waktu tertentu ban sudah kedaluwarsa, ada yang mengatakan lima tahun, atau lebih. Lalu apakah benar ban punya masa kedaluwarsa?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, ban tidak ada masa kedaluwarsa, tapi ada syaratnya.

Baca juga: Ban Tubeless Bocor, Apakah Motor Aman Pakai Ban Dalam?

Ban mobil bocor Dicky Aditya Wijaya Ban mobil bocor

"Selama penyimpanannya baik, tidak masalah. ban bukan makanan yang gampang membusuk, penyimpanan ban harus baik, tidak dekat benda-benda atau cairan kimia, asap kompresor, suhu yang lembab atau panas sekali," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Kemudian untuk ban yang sudah terpasang di mobil, pastikan tetap dirawat agar usia pakainya bisa lebih lama. Salah satu cara merawatnya adalah dengan memerhatikan tekanan udara di ban.

"Tekanan angin ban, harus mengikuti rekomendasi dari pabrikan mobil, secara berkala dilakukan rotasi, pemeriksaan kesetimbangan atau balancing serta kelurusan roda kendaraan harus diikuti seperti rekomendasi dari pabrikan mobil," ucap Zulpata.

Baca juga: Catat, Daftar Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Target ETLE


Jadi bisa dikatakan, ban yang sudah berumur tahunan, selama alur ban masih tebal dan bentuknya baik, masih aman digunakan. Namun jika sudah banyak tambalan, retak, alur ban menipis atau hampir botak, lebih baik ganti dengan yang baru.

"Kemudian, terjadi keausan tidak rata pada ban akibat pemakaian. Jadi tidak dikaitkan dengan waktu produksi ban," ucap Zulpata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com