Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Yamaha Byson Cafe Racer, Curi Perhatian di Kustomfest 2022

Kompas.com - 03/10/2022, 09:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

YOGYAKARTA ,KOMPAS.com - Ajang Kustomfest yang kembali digelar di Jogja Expo Center (JEC) pada 1-2 Oktober 2022 berlangsung meriah. 

Ratusan karya sepeda motor custom dari beragam builder di Tanah Air tampil unjuk kebolehan dari modifikasinya

Salah satu karya yang tampil menarik adalah Yamaha Byson garapan Surganya Motor dengan konsep cafe racer.

Modifikator asal Semarang ini, merombak tampilan naked bike keluaran Yamaha lebih menjadi lebih stylish dari versi aslinya.

Baca juga: Motor Mini dari Tabung LPG, Mejeng di Kustomfest 2022

"Kita pilih Yamaha Byson pertimbangannya adalah rangkanya kuat dan gampang dimodifikasi. Harga dipasaran juga pas kurang bagus, tujuan kita supaya Byson tidak punah," ucap Ihsanudin, Pemilik Bengkel Surganya Motor Semarang kepada Kompas.com, di ajang JEC,  Minggu (2/10/2022). 

Proses rancang bangun yang dilakukan Ihsanudin diklaim menggunkan suku cadang murni buatan lokal. 

Yamah Byson aliran cafe racer memukau pengunjung di gelaran Kustomfest 2022Dicky Aditya Wijaya Yamah Byson aliran cafe racer memukau pengunjung di gelaran Kustomfest 2022

"Bodi custom, tangki kita pakai bahan galvanis. Rangka standar di potong sedikit agar bodi belakang lebih nungging," katanya. 

Selain itu, ubahan paling mencolok terletak di bagian kaki-kaki. Mulai dari ban hingga pelek yang mendongkrak tampilan lebih kekar. 

Hal tersebut lantaran motor ini didesain untuk touring, tujuannya agar handling lebih stabil dan bantingan lebih kenyal. 

"Konsepnya nyaman dan cocok digunakan touring, tampilan berani dan ada aura pria sejati. Habitatnya jalan aspal tapi main lumpur siap dan bersedia kapanpun," ujarnya.

Baca juga: Moto Guzzi V7 IV Stone Tampil Bergaya Scrambler Plug n Play

Pada gelaran Kustomfest 2022, motor garapan Surganya Motor Semarang cukup mendapatkan atensi dari pengujung dan terjual sudah terjual 3 unit. 

Yamaha Byson aliran cafe racer memukau pengunjung di gelaran Kustomfest 2022Dicky Aditya Wijaya Yamaha Byson aliran cafe racer memukau pengunjung di gelaran Kustomfest 2022

Untuk harga modifikasi Yamaha Byson konsep cafe racer biaya berkisar Rp 15 jutaan. Menarik dan cocok dijadikan referensi untuk modifikasi motor kesayangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com