Truk Mercedes-Benz Tagih Janji BBM Standar Emisi Euro 4

Kompas.com - 30/09/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Regulasi kendaraan diesel di Indonesia harus lolos standar emisi Euro 4 sudah bergulir sejak April 2022. Semua APM termasuk Daimler Commercial Vehicles Indonesia mengikuti aturan baru tersebut.

Bisa diingat, pada Juni lalu DCVI meluncurkan Mercedes Benz Axor Euro 4 sudah resmi meluncur. Lalu selama lebih kurang tiga bulan, apa kendala yang dialami DCVI?

Naeem Hassim, President Director PT DCVI mengatakan, mengenai regulasi tersebut, tentu bisa terus berkembang di masa depan dengan menghadirkan produk yang lebih ramah lingkungan lagi, yang sudah Euro 5 bahkan Euro 6.

Baca juga: Ini Sasis Bus Listrik Mercedes Benz yang Mungkin Masuk Indonesia

Uji kemampuan off road dengan Mercedes-Benz Axor Euro 4KOMPAS.com/Donny Dwisatryo Uji kemampuan off road dengan Mercedes-Benz Axor Euro 4

"Kita sekarang sudah Euro 4 dan saya dengar kapan kita akan ke Euro 5 atau Euro 6? Tapi tentu semua pihak harus turun tangan. Kita harus memastikan kalau kita punya bahan bakar yang tepat (untuk euro 4)," ucap Naeem di Jakarta belum lama ini.

Naeem bisa saja membawa produk dengan standar emisi yang lebih tinggi lagi ke Indonesia. Tapi kalau bahan bakar yang punya spesifikasi CN 53 atau tingkat sulfur di bawah 10 ppm tidak ada, maka akan semakin sulit.

Baca juga: Honda Beri Sanksi Sales Nakal yang Tidak Bolehkan Konsumen Beli Cash


"Kalau kita tidak punya bahan bakar yang sulfur kontennya di bawah 50 ppm atau kurang dari 10 ppm sulfur, kita tidak bisa membawa kendaraan ini (Euro 6) atau dia cuma diam di workshop (tidak bisa digunakan)," ucapnya.

Untuk mewujudkan bahan bakar yang sesuai standar menyebar di Indonesia, tentu pihak APM dengan pemerintah terutama perusahaan bahak bakar bisa berkolaborasi. Sehingga kendaraan dengan emisi yang rendah ini bukan sekadar dijual saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.