Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Fungsi Oli Gardan pada Motor Matik

Kompas.com - 29/09/2022, 12:32 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor matik (skutik), ada pelumas tambahan yang harus diberikan selain oli mesin. Pada motor dengan kopling kering, oli tambahannya adalah oli transmisi matik atau oli gardan.

Oli ini digunakan untuk memberikan pelumasan pada bagian transmisi, untuk melindungi dan mengoptimalkan kinerja pada area CVT (continuosly variable transmission), seperti gear dan bearing-bearing di dalamnya.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana menjelaskan, oli gardan motor matik harus diganti secara berkala.

Baca juga: Oli Motor Matik Beda dengan Motor Manual

"Pada penggunaan normal, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12 ribu km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau (motor) selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. Coba ganti dengan perbandingan 2:1. Penggantian oli transmisi dilakukan setelah dua kali ganti oli mesin," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/9/2022).

Ada efek buruk jika sampai telat melakukan penggantian oli transmisi skutik. Ada beberapa ciri kerusakan yang bisa muncul, salah satu yang paling umum adalah munculnya suara kasar di area CVT.

Ini terjadi karena ada gesekan antar komponen di transmisi, yang bisa disebabkan oleh perubahan viskositas oli gardan, atau banyaknya logam ausan yang berada di dalam transmisi.

Oli gardanDok. PT Pertamina Lubricants Oli gardan

Kemudian, akan terasa getaran pada setang dan bodi motor. Gejala yang satu ini dapat terasa dengan jelas jika motor dikemudikan di jalan yang menurun. Ini menjadi pertanda, bahwa gardan tidak bekerja dengan baik karena oli transmisi tidak melumasi dengan sempurna.

Biaya kerusakan yang dibutuhkan untuk mengatasi kerusakan terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan kebiasaan rutin mengganti oli.

"PTPL pun menyediakan oli transmisi motor matic, Enduro Gear Matic. Oli dengan base oil synthetic ini juga diformulasi bersama zat aditif untuk mendukung performa pada motor matic. Untuk harga Enduro Gear Matic kemasan 120 ml dijual dengan harga Rp 14.000," ucap Brahma.

Baca juga: Motor Listrik United TX3000 dan TX1800 Meluncur, Harga Mulai Rp 30 Jutaan

Cara mengganti oli transmisi motor matik

Penggantian oli bisa dilakukan secara mandiri oleh pemilik motor matik. Prosesnya juga cukup mudah.

Pertama, parkirkan motor dengan standar tengah di tempat rata. Kemudian, buka baut paling belakang di bagian bawah CVT. Lepaskan baut dan siapkan wadah iuntuk menampung oli gardan lama.

Miringkan motor sedikit untuk memastikan oli sudah terbuang semua. Kemudian, pasang kembali baut, buka penutup oli transmisi di atas dan tuangkan oli transmisi yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com