Harga Baterai Mahal Jadi Hambatan Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik

Kompas.com - 28/09/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era elektrifikasi, sejumlah merek otomotif sudah mulai memasarkan kendaraan ramah lingkungan, mulai hybrid hingga listrik.

Pilihan harga dan modelnya saat ini juga sudah cukup beragam, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, masih ada beberapa hal yang menjadi kendala, menghambat masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik.

Salah satunya, yaitu masih tingginya harga baterai yang dipakai pada kendaraan listrik. Hal ini disampaikan oleh Researcher for Advanced Materials Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wahyu Bambang Widayatno.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022 Resmi Dibuka

"Secara umum, memang dari harga kendaraan listrik yang sudah komersial di pasaran, itu 30 sampai 40 persennya itu adalah harga baterai. Sehingga komponen utama, dari harga, yang utama adalah baterai," ucap Wahyu di IEMS 2022, JCC Senayan, Rabu (28/9/2022).

Wahyu memaparkan, dari 30-40 persen harga baterai tersebut, 77 persennya adalah sel baterai atau battery pack. Sedangkan sisanya merupakan komponen elektronik.

"Jadi memang material baterai memegang porsi yang cukup besar di kendaraan listrik," ucap Wahyu.

Ilustrasi booth PLN di IEMS 2021KOMPAS.com/Dio Ilustrasi booth PLN di IEMS 2021

Ke depannya, ia berharap ada kolaborasi dan kerja sama dari berbagai pihak untuk bisa membantu menekan tingginya harga baterai pada kendaraan listrik.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kasubdit Industri Alat Transportasi Darat Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP), Kementerian Perindustrian Dodiet Prasetyo.

Baca juga: Wuling Punya SUV Listrik, Mirip Suzuki Jimny

"Untuk di 2022 ini, berdasarkan data yang ada, motor penggerak, dalam hal ini termasuk baterai, ini harganya hampir dua kali lipat (harga) kendaraan," ucap Dodiet di JCC Senayan, Rabu.

Namun berdasarkan proyeksi untuk tahun 2030, nantinya perbandingan ICE maupun BEV nantinya akan hampir sama. Perpindahan masyarakat untuk pindah ke electric vehicle (EV) akan semakin masif.

Motor trail listrik, E-Tactical, buatan PT LEN Industri, dipamerkan di IEMS 2021Kompas.com/Donny Motor trail listrik, E-Tactical, buatan PT LEN Industri, dipamerkan di IEMS 2021

"Harga dari material baterai inilah yang masih memegang harga utama, sehingga harga dari material ini yang menyebabkan harga baterai (untuk kendaraan listrik) untuk saat ini mungkin masih menjadi tantangan untuk diturunkan," ucap Dodiet.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.