Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022 Resmi Dibuka

Kompas.com - 28/09/2022, 10:47 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 resmi dibuka hari ini, Rabu (28/9/2022). Perhelatan ini berlangsung di JCC Senayan hingga Jumat (30/9/2022).

Acara ini merupakan kali ketiganya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar pameran kendaraan listrik. Pada pameran, pengunjung dapat mencoba sejumlah kendaraan listrik serta menghadiri seminar edukasi terkait kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Datang ke Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022 Gratis

Pada peresmian pembukaan pameran, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan tiga hal yang menjadi perhatian dalam memasuki era elektrifikasi di Indonesia saat ini, yaitu bagaimana membuat baterai yang murah namun dengan daya jelajah tinggi, kendaraan listrik yang efisien, dan memperbanyak charging station.

Sementara itu, Profesor Riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eniya Listiani menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah berkomitmen mengembangkan industri kendaraan listrik di dalam negeri, termasuk prototipe yang dihasilkan oleh lembaga pemerintah hingga universitas sejak tahun 1998.

Mobil Listrik R-One SMEKTI Karya SMKN 3 Mataram Usung Konsep Mobil E-formula tampil di IEMS 2021.Dok. SMKN 3 Mataram Mobil Listrik R-One SMEKTI Karya SMKN 3 Mataram Usung Konsep Mobil E-formula tampil di IEMS 2021.

"Namun baru 20 tahun kemudian, muncul Gesits yang dikendarai oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana, pada November 2018. Kemudian, dilanjutkan berdirinya charging station yang pertama di Indonesia, yang berada di samping gedunjg BJ Habibie, Jalan MH Thamrin Jakarta," ucap Eniya di JCC Senayan, Rabu.

Pasca terbitanya Perpres Nomor 55 Tahun 2019, BRIN bergerak menginisiasi IEMS yang pertama di tahun yang sama. Ia menilai animo dari masyarakat terhadap kendaraan listrik terbilang tinggi.

Baca juga: Wuling Punya SUV Listrik, Mirip Suzuki Jimny

"(Ada) animo luar biasa dari masyarakat, asosiasi industri, dan seluruh stakeholder didukung pemerintah," ucap dia.

Sebagai informasi, pameran ini bisa dihadiri tanpa perlu membeli tiket masuk atau gratis di JCC Senayan. Pengunjung bisa melakukan registrasi melalui laman resmi https://electricmotorshow.id/visitor-register.html.

Ada sejumlah merek mobil dan motor yang turut meramaikan, area test drive, hingga area test ride indoor untuk motor-motor listrik yang hadir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com