Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain ADV 160 dan PCX 160, AHM Juga Recall Motor Ini

Kompas.com - 26/09/2022, 17:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja melakukan recall atau penarikan kembali pada Honda ADV 160 dan PCX 160. Selain kedua produk itu, masih model lain yang harus ditarik kembali.

Dilansir dari Autoevolution (26/9/2022), Honda American Motor Co mengumumkan program perbaikan atau recall pada CRF1100L Africa Twin.

Motor adventure itu diketahui mengalami masalah di unit kontrol mesin (ECU) yang menyebabkan transmisi kopling ganda (DCT) tak bisa beroperasi sempurna.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

Honda CRF1100L Africa Twin Meluncur di EICMA 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Honda CRF1100L Africa Twin Meluncur di EICMA 2019

Dalam kasus itu, para pemilik Africa Twin juga bisa mengalami motor berhenti secara tiba-tiba karena adanya kesalahan perangkat lunak.

"Kesalahan perangkat lunak pada unit kontrol mesin (ECU), dapat memutuskan komunikasi jaringan area pengontrol (CAN) dan melepaskan kopling. Hal itu mengakibatkan mesin mati atau kehilangan tenaga penggerak," tulis keterangan resmi Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA).

Oleh sebab itu, sekitar 1.561 unit CRF1100L Africa Twin produksi tahun 2020 hingga 2021 harus kembali ke diler resmi untuk dilakukan perbaikan.

Baca juga: Alasan Bensin Oktan Tinggi Bisa Bikin Konsumsi BBM Lebih Hemat

Selain terjadi di Amerika Serikat, recall CRF1100L Africa Twin juga dilakukan di Indonesia. Informasi ini telah dirilis AHM pada situs resminya per September 2022.

“Konsumennya akan diundang,” ujar General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibuddin, kepada Kompas.com (26/9/2022).

Menurut Muhib, berbeda dengan recall ADV 160 atau PCX 160, pada CRF1100L Africa Twin tidak ada penggantian suku cadang.

“Kami akan melakukan proses pemograman ulang pada komponen ECM untuk memastikan tidak terjadi potensi menurunnya performa pada mesin,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com