Kompas.com - 23/09/2022, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT International Chemical Industry (Intercallin ) menegaskan jika pihaknya menjadi pabrik lokal pertama yang produksi sel baterai Lithium Ion Phosphate (LFP) untuk kendaraan listrik.

Produsen baterai ABC tersebut telah membangun pabrik untuk produksi cell LFP sejak 2021 dan beroperasi di awal tahun 2022.

Baca juga: Begini Cara Baca Informasi Ban Lewat Kode Huruf dan Angka

Direktur Pemasaran PT Intercallin Hermawan Wijaya mengatakan jika ini adalah langkah ABC untuk mengatasi permasalahan cell baterai kendaraan listrik di Indonesia.

“Jdi ABC ini kita produksi baterai LFP . yaitu call dengan material ferro phosphate atau besi fosfat. Dan saat ini di investasikan menjadi cell dalam bentuk silinder dengan ukuran kecil,” kata Hermawan kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022).


Nantinya, cell silinder yang di produksi ABC dapat dirakit jadi baterai pack. Ukuran baterai pack yang dibuat oleh ABC hadir dalam porsi kecil lantaran baterai pack ini bukan fokus utama dari pabrik ABC dalam ekosistem kendaraan listrik.

“Jadi kita punya dua pabrik yaitu produksi cell dan yang satu produksi baterai pack tapi fokus pada material cell. Tujuan utama ABC membangun industri cell dimana industri cell itu belum pernah ada di Indonesia sampai hari ini,” kata Hemawan.

Jajaran produk baterai ABC LithiumDok. @abclithiumcell Jajaran produk baterai ABC Lithium

 Baca juga: ETLE Mobile Akan Segera Diterapkan di DKI Jakarta

"Kendati dalam media yang viral IBC sebagai produsen cell baterai pertama di Indonesia, tapi IBC belum punya pabrik," kata Hermawan.

Sementara itu, pabrik produksi cell baterai ABC sudah ada di Jakarta barat. Bahkan, saat ini cell baterai milik ABC sudah rilis dan dijual secara komersial.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.