Etika Masuk Jalan Raya dari Persimpangan, Jangan Asal Selonong

Kompas.com - 23/09/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi di jalan raya harus ikuti berbagai aturan yang ada di jalan. Misal, ketika mau masuk jalan raya, baik keluar gang atau dari persimpangan jalan kecil, jangan sembarangan selonong.

Perlu diingat, jalan raya digunakan oleh berbagai orang. Ada saja orang yang tidak fokus sehingga ketika mobil asal selonong masuk ke jalanan, pengguna lain jadi kaget dan bisa celaka.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia memberi tips bagaimana yang seharusnya dilakukan pengemudi saat mau masuk ke jalan raya.

Baca juga: Ini 5 Tips Aman Berhenti di Persimpangan Lampu Merah

Suasana jalan di pertigaan Mulo, Wonosari, persimpangan menuju ke arah Pantai Gunungkidul, Senin (1/1/2018)Kompas.com/Markus Yuwono Suasana jalan di pertigaan Mulo, Wonosari, persimpangan menuju ke arah Pantai Gunungkidul, Senin (1/1/2018)

"Pertama, biasakan tidak buru-buru dalam mengemudi. Kedua, berhenti dan nyalakan lampu sein," ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Ketika mengemudi terburu-buru, tentu perasaan jadi tidak tenang. Kemudian berhenti juga perlu dilakukan untuk melihat kondisi jalan yang mau dituju, tunggu sampai diberi kesempatan melintas.

Baca juga: Ada Fenomena Antrean Kendaraan di SPBU, Beli BBM Bisa 20 Menit


"Ketiga, cek kaca spion lalu melintas dengan kecepatan yang rendah," kata Sony.

Terakhir, saat sudah masuk ke jalan raya, sesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang lebih dahulu ada. Begitu kira-kira etika yang harus dimiliki pengemudi saat mau masuk ke jalan raya yang ramai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.