Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etika Masuk Jalan Raya dari Persimpangan, Jangan Asal Selonong

Kompas.com - 23/09/2022, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi di jalan raya harus ikuti berbagai aturan yang ada di jalan. Misal, ketika mau masuk jalan raya, baik keluar gang atau dari persimpangan jalan kecil, jangan sembarangan selonong.

Perlu diingat, jalan raya digunakan oleh berbagai orang. Ada saja orang yang tidak fokus sehingga ketika mobil asal selonong masuk ke jalanan, pengguna lain jadi kaget dan bisa celaka.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia memberi tips bagaimana yang seharusnya dilakukan pengemudi saat mau masuk ke jalan raya.

Baca juga: Ini 5 Tips Aman Berhenti di Persimpangan Lampu Merah

Suasana jalan di pertigaan Mulo, Wonosari, persimpangan menuju ke arah Pantai Gunungkidul, Senin (1/1/2018)Kompas.com/Markus Yuwono Suasana jalan di pertigaan Mulo, Wonosari, persimpangan menuju ke arah Pantai Gunungkidul, Senin (1/1/2018)

"Pertama, biasakan tidak buru-buru dalam mengemudi. Kedua, berhenti dan nyalakan lampu sein," ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Ketika mengemudi terburu-buru, tentu perasaan jadi tidak tenang. Kemudian berhenti juga perlu dilakukan untuk melihat kondisi jalan yang mau dituju, tunggu sampai diberi kesempatan melintas.

Baca juga: Ada Fenomena Antrean Kendaraan di SPBU, Beli BBM Bisa 20 Menit


"Ketiga, cek kaca spion lalu melintas dengan kecepatan yang rendah," kata Sony.

Terakhir, saat sudah masuk ke jalan raya, sesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang lebih dahulu ada. Begitu kira-kira etika yang harus dimiliki pengemudi saat mau masuk ke jalan raya yang ramai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com