Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Air ev Pakai Ban 12 Inci, Baru Tersedia di Diler Saja

Kompas.com - 21/09/2022, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air ev sudah mulai dikirim ke konsumen yang sudah memesannya. Mobil listrik mungil ini juga cukup diminati karena salah satu keuntungannya adalah bisa melintasi kawasan ganjil genap dengan bebas.

Kalau diperhatikan, mobil yang panjangnya tidak sampai 3 meter ini punya ukuran ban yang kecil. Tepatnya, ban yang digunakan merupakan merek Green Max dengan ukuran 145/70 R12.

Dibandingkan mobil yang sudah beredar di jalan raya, ukuran pelek Air ev terbilang kecil, yakni 12 inci. Daihatsu Ayla saja ukuran pelek paling kecil ada di 13 inci.

Baca juga: Wuling Air ev 2-Seater Mau Masuk Indonesia?

Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility ExperienceKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility Experience

Dengan ukuran yang mini, apakah sulit mencari ban Air ev jika mengalami masalah?

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan, ban Air ev sudah tersedia di diler Wuling, jadi tidak perlu khawatir kalau mau cari ukuran yang serupa dengan standar.

"Kalau di diler wuling, ban itu merupakan salah satu part yang harus ready, pasti ada stoknya," ucap Danang di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Innova Reborn Bensin?

Selain itu, kalau dicari ban merek lain, nampaknya memang belum tersedia. Jadi solusi kalau mau ganti ban Air ev yang standar, baru bisa didapatkan di diler resmi Wuling.

"Tapi menurut saya, industri part, terutama ban itu akan sangat cepat mengikuti (mobil baru). Walau beda ukuran, tapi material dan cara bikinnya sama," ucap Danang.

Perlu diketahui juga, Air ev tidak punya ban cadangan. Sebagai pengganti ban serep, Wuling sudah menyediakan tire repairing kit atau alat untuk menambal ban.

"Repair kit ini cukup mudah digunakan, tidak perlu sampai melepas ban yang bocor. Di dalamnya ada pompa electric dan cairan untuk tambal, ada dongkrak juga sebagai tool kit standar," kata Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com