Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tergiur Murah, Saringan Udara Abal-abal Bikin Mesin Mobil Bermasalah

Kompas.com - 19/09/2022, 12:46 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saringan udara merupakan komponen yang bertugas menyaring kotoran yang terbawa oleh udara sebelum masuk ke ruang bakar. Kotoran tersebut bisa berupa debu halus, serpihan daun, dan benda-benda kecil lainnya yang mudah terbawa angin.

Sebelum masuk ke ruang bakar, udara perlu disaring agar kotoran tersebut tidak masuk ke area yang vital. Karena, kotoran tersebut bersifat mengganggu kinerja mesin.

Nah, di pasaran banyak beredar saringan udara dengan harga yang murah, namun kualitasnya tidak cukup baik. Padahal, kualitas saringan udara yang tidak baik bisa membuat mesin mobil bermasalah. Apa saja itu?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Melepas Filter Udara Bikin Mesin Mobil Makin Garang?

Pembersihan Filter UdaraDicky Aditya Wijaya Pembersihan Filter Udara

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan saringan udara yang kualitasnya buruk bisa bikin udara yang mengalir kurang, karena terlalu rapat, dan ketahanan bahannya tidak begitu awet sehingga mudah koyak.

“Saringan udara abal-abal biasanya malah bikin pampat, jadi udara yang masuk menjadi kurang, sehingga tarikan mesin menjadi lebih berat, efeknya konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Dia mengatakan jika saringan udara pampat, maka biasanya ditandai dengan bentuk saringan yang melengkung, tidak lagi lurus.

Baca juga: Mobil Tanpa Filter Udara Konsumsi BBM Bisa Jadi Lebih Boros

Boks filter udara Toyota AvanzaDok. YouTube Andiazuno Boks filter udara Toyota Avanza

“Melengkung kalau lama-lama digunakan, karena pampat akhirnya saringan tersedot, ini akan semakin parah bila sampai bahan saringan udara yang dari bahan kertas itu koyak, lalu serpihannya masuk,” ucap Ibrohim.

Dia menjelaskan serpihan saringan udara bisa tersangkut di sensor udara, yang mengakibatkan performa mesin terganggu.

“Serpihan saringan udara itu bisa mengganggu sensor udara dalam mengukur jumlah udara, sehingga ECU menerima laporan jumlah udara yang kurang tepat, akhirnya mesin tergangu dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Dampak Buruk Filter Udara Mobil yang Kotor

Jadi, dalam memilih saringan udara aftermarket tidak boleh hanya memperhatikan faktor harga yang murah saja, tapi perlu mempertimbangkan kualitas yang baik agar tidak mengakibatkan masalah pada mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com