Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Fitur Unggulan Honda ADV 160

Kompas.com - 18/09/2022, 14:12 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHonda ADV 160 yang meluncur pada pertengahan 2022, memiliki tampilan yang tak banyak berbeda dibandingkan pendahulunya.

Meski demikian, sepeda motor ini tetap memberikan berbagai keunggulan, salah satunya dari fitur. Seperti sektor pencayahayaan yang telah menganut full LED dari headlamp dengan DRL, serta sein dan stoplamp.

Lalu untuk bagian windshield, pakai warna bening dengan fitur pengaturan ketinggian dalam dua pilihan posisi.

Baca juga: Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta Berlaku sampai Desember 2022

Test ride Honda ADV 160KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride Honda ADV 160

Beralih ke bagian akomodasi, kapasitas bagasi jok ADV 160 cukup besar mencapai 30 liter dan bisa memuat helm jenis full face.

Pada bagian depan, motor ini memiliki laci kecil dengan soket USB charger yang tertutup. Sedangkan soal kapasitas tangki bensin, ADV 160 mampu menenggak hingga 8,1 liter.

Bagian panel instrumen, skutik bergaya petulang ini sudah full digital yang menampilkan beragam informasi, sayangnya masih belum bisa koneksi ke smartphone.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2022, Bagnaia Pole Position

Bicara soal pengereman, ADV 160 ada dua pilihan yaitu Combi Brake System (CBS) hidrolis dengan kaliper rem depan 3 piston dan belakang satu piston, atau tipe ABS dengan rem depan kaliper dua piston dan belakang satu piston.

Skutik ini juga sudah menggunakan cakram wave disc dan ABS single channel pada roda depan. Tak ketinggalan, ADV 160 ABS telah dilengkapi Honda Selectable Troque Control (HSTC) yang berfungsi menjaga traksi roda belakang khususnya saat melalui jalanan yang kondisinya licin.

Baca juga: Stargazer Tekuk Xenia tapi Masih di Bawah Xpander dan Avanza

Tampilan bagasi Honda ADV 160KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan bagasi Honda ADV 160

Tujuannya untuk mengontrol keluaran tenaga mesin di roda belakang, sehingga tidak terjadi selip meski throttle gas kondisi dibuka penuh.

HSTC bekerja dengan membaca putaran kedua roda. Jika roda belakang berputar lebih cepat dari roda depan, artinya roda belakang selip.

Maka sensor akan melaporkan ke Electronic Control Unit atau ECU untuk mengurangi output tenaga ke roda. Akhirnya, roda belakang akan mendapatkan traksi yang baik meski melewati jalan licin.

Baca juga: BBM Pertalite Dibatasi, Ini Skema Pembeliannya di SPBU

Kemudian, ADV 160 juga dilengkapi dengan sistem start stop, yang berfungsi mematikan dan menghidupkan mesin otomatis saat motor berhenti atau dikenal dengan nama Idling Stop System (ISS).

Dari sisi keamanan, Honda ADV 160 sudah menggunakan smartkey atau keyless yang juga telah dilengkapi sistem alarm anti maling.

Test ride Honda ADV 160KOMPAS.com/GILANG SATRIA Test ride Honda ADV 160

Penggunaan suspensi jenis long travel terbukti nyaman untuk digunakan pada berbagai keperluan. Redamannya terasa cukup empuk di jalan rusak dan jarang sekali bottoming.

Dengan banderol mencapai Rp 36 juta untuk varian CBS, dan Rp 39,250 juta untuk yang ABS, rasanya harga yang ditawarkan cukup sepadan dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh ADV 160.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com