Kompas.com - 18/09/2022, 14:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comHonda ADV 160 yang meluncur pada pertengahan 2022, memiliki tampilan yang tak banyak berbeda dibandingkan pendahulunya.

Meski demikian, sepeda motor ini tetap memberikan berbagai keunggulan, salah satunya dari fitur. Seperti sektor pencayahayaan yang telah menganut full LED dari headlamp dengan DRL, serta sein dan stoplamp.

Lalu untuk bagian windshield, pakai warna bening dengan fitur pengaturan ketinggian dalam dua pilihan posisi.

Baca juga: Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta Berlaku sampai Desember 2022

Test ride Honda ADV 160KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride Honda ADV 160

Beralih ke bagian akomodasi, kapasitas bagasi jok ADV 160 cukup besar mencapai 30 liter dan bisa memuat helm jenis full face.

Pada bagian depan, motor ini memiliki laci kecil dengan soket USB charger yang tertutup. Sedangkan soal kapasitas tangki bensin, ADV 160 mampu menenggak hingga 8,1 liter.

Bagian panel instrumen, skutik bergaya petulang ini sudah full digital yang menampilkan beragam informasi, sayangnya masih belum bisa koneksi ke smartphone.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2022, Bagnaia Pole Position

Bicara soal pengereman, ADV 160 ada dua pilihan yaitu Combi Brake System (CBS) hidrolis dengan kaliper rem depan 3 piston dan belakang satu piston, atau tipe ABS dengan rem depan kaliper dua piston dan belakang satu piston.

Skutik ini juga sudah menggunakan cakram wave disc dan ABS single channel pada roda depan. Tak ketinggalan, ADV 160 ABS telah dilengkapi Honda Selectable Troque Control (HSTC) yang berfungsi menjaga traksi roda belakang khususnya saat melalui jalanan yang kondisinya licin.

Baca juga: Stargazer Tekuk Xenia tapi Masih di Bawah Xpander dan Avanza

Tampilan bagasi Honda ADV 160KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan bagasi Honda ADV 160

Tujuannya untuk mengontrol keluaran tenaga mesin di roda belakang, sehingga tidak terjadi selip meski throttle gas kondisi dibuka penuh.

HSTC bekerja dengan membaca putaran kedua roda. Jika roda belakang berputar lebih cepat dari roda depan, artinya roda belakang selip.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.