Tips Mengerem yang Benar Saat Mobil Melewati Polisi Tidur

Kompas.com - 17/09/2022, 17:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Polisi tidur merupakan bagian dari jalan yang sengaja dibuat tidak rata guna memperlambat pengguna jalan.

Ada aturan dalam pembuatan polisi tidur, itu sudah diatur oleh pihak yang berwenang. Sehingga, bagi pengguna jalan kita hanya perlu menyikapinya dengan baik.

Salah satunya, pengguna jalan perlu memperhatikan bagaimana cara mengemudikan kendaraan agar ketika melewati polisi tidur komponen pada mobil tidak mengalami kerusakan.

Baca juga: Ada Ancaman Pidana Kalau Bikin Polisi Tidur Sembarangan

Ilustrasi polisi tidurShutterstock.com Ilustrasi polisi tidur

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan ketika melewati jalan tidak rata seperti polisi tidur maka pengendara perlu mengurangi kecepatan sebelumnya agar komponen di mobil lebih awet.

“Kalau melewati jalan tidak rata atau polisi tidur, pastikan untuk mengurangi kecepatan sebelumnya, jangan mengerem ketika sedang melintasi polisi tidur tersebut, karena dampaknya akan lebih fatal jika dibandingkan dengan posisi rem bebas,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (17/9/2022).

Dia mengatakan pengeraman perlu dilakukan jauh-jauh sebelum sampai polisi tidur, sehingga ketika melewati pas diatasnya, kendaraan bisa melaju dengan pelan dan posisi rem bebas.

Baca juga: Sumber Bunyi Ketika Mobil Melewati Polisi Tidur

Sebuah video menunjukkan beberapa pemotor terjatuh akibat polisi tidur di Jalan Danau Sunter Selatan, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.INSTAGRAM.com/LENSA_BERITA_JAKARTA Sebuah video menunjukkan beberapa pemotor terjatuh akibat polisi tidur di Jalan Danau Sunter Selatan, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Cara itu akan membuat komponen kaki-kaki, rem, kaliper bahkan peredam kejut lebih awet karena benturan akan diredam dengan baik, sementara ketika rem aktif, maka roda cenderung lebih tegang, dan itu bisa berakibat buruk pada komponen mobil,” ucap Hardi.

Jadi, ketika dari jauh sudah mulai terlihat ada tanda polisi tidur atau jalan tidak rata, maka laju kendaraan saat itu juga perlu dikurangi. Sehingga ketika melewatinya, kendaraan sudah dalam posisi melaju pelan tanpa harus menginjak rem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.