Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Ioniq 5, Mobil Listrik Harga Rp 700 Jutaan

Kompas.com - 15/09/2022, 11:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo telah meminta agar kendaraan dinas pemerintahan baik pusat maupun daerah, untuk menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai (battery electric vehicle).

Ketentuan tersebut diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbsis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Saat ini, pilihan mobil listrik di Indonesia sudah bervariasi. Dari segi harga, mobil listrik umumnya dibanderol mulai dari angka Rp 200 jutaan sampai dengan Rp 1 miliar.

Baca juga: Regulasi Jadi Stimulus Konversi Mobil Listrik

Salah satu mobil listrik yang mendapat respon positif dari masyarakat adalah Hyundai Ioniq 5. Ioniq 5 juga menjadi salah satu mobil listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Oktober 2022-November 2022.

Mobil listrik ini diklaim sebagai mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia; dibuat di pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi. 

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Meluncur pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang lalu, Ioniq 5 tersedia dalam dua varian untuk dua tipe, yaitu Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range. Keempatnya menggunakan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Baterai yang digunaan adalah lithium-ion berkapasitas 58 kWh untuk varian Standard Range, dengan jarak tempuh hingga 384 km. Sedangkan untuk varian Long Range, kapasitasnya adalah 72,6 kWh dengan jarak tempuh 451 km.

Baca juga: Instruksi Jokowi, Kendaraan Dinas Pemerintahan Harus Kendaraan Listrik, Bisa Sewa Dulu

Untuk pengisian daya cepat 350 kW, mobil ini diklaim dapat mengisi baterai dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 18 menit.

Bicara soal dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.605 mm, dan jarak sumbu roda 3.000. Bobotnya adalah 2.370 kilogram.

Soal performa, Ioniq 5 diklaim bisa menempuh 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,4 detik. Kemudian, top speed mobil listrik ini tembus 185 kpj.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Untuk bagian interior, Hyundai juga mengusung konsep ramah lingkungan, dengan material beberapa interiornya yang dibuat dari bahan alami. Misalnya, jok kulit yang diwarnai dengan ekstraksi minyak tumbuhan dari biji rami.

Kemudian, material joknya terbuat dari botol plastik daur ulang yang disterilkan, dihancurkan lalu diparu menjadi serpihan plastik. Selanjutnya, material tersebut dicairkan dan dipintal menjadi benang.

Baca juga: Harga Wuling Air ev Long Range Tembus Rp 300 Juta di Surabaya

Sedangkan untuk eksteriornya, detail pada pintu mobil ini terbuat dari 100 persen kertas HDPE yang dapat didaur ulang. Kertas ini bertekstur ringan, sama dengan kertas tradisional Korea.

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 5 dibanderol di angkar Rp 700 jutaan sampai Rp 800 jutaan, tergantung dari tipe dan variannya. Berikut detail harganya, versi on the road (OTR) Jakarta:

  • Ioniq 5 Prime Standard Range, Rp 748 juta
  • Ioniq 5 Prime Long Range, Rp 789 juta
  • Ioniq 5 Signature Standard Range, Rp 809 juta
  • Ioniq 5 Signature Long Range, Rp 859 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com