Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Tidak Dingin Saat Mobil Melaju, Coba Periksa Ini

Kompas.com - 14/09/2022, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - AC mobil bisa mengalami kendala yang beragam. Salah satunya begitu kendaraan melaju kemampuan AC menurun dalam menyejukkan kabin.

Kondisi ini biasanya akan mulai terasa ketika mobil melaju cukup lama pada kecepatan tertentu. Ditandai dengan menurunnya kekencangan embusan angin di ventilasi AC.

Ketika kekencangan embusan angin dari blower menurun, secara otomatis udara yang bersirkulasi di dalam kabin menjadi kurang sejuk. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

Baca juga: Manfaat Servis AC Mobil Secara Berkala

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

Pemilik Lison AC Muhlison, mengatakan performa AC menurun ketika mobil melaju bisa dipengaruhi banyak hal, salah satunya bisa disebabkan karena AC membeku.

“Ketika mobil melaju, seharusnya kerja kompresor maksimal, sehingga logikanya jika mesin stasioner saja AC dingin, maka ketika putaran tinggi akan semakin dingin, jika sensor suhu di evaporator disetel terlalu dingin, maka kemungkinan evaporator membeku,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan beberapa mobil menggunakan sensor suhu yang dapat disetel, sebagai pengganti sensor suhu yang sudah rusak.

Baca juga: Ini Alasan Komponen AC Mobil Modern Sekali Rusak Harus Ganti

Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil. Kompas.com Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil.

“Jika sensornya masih bawaan pabrik, yang tidak bisa disetel solusinya perlu mengganti sensornya, jika sudah gantian ya cukup dimainkan setelan sensornya saja,” ucap Muhlison.

Dia mengatakan ketika evaporator membeku maka embusan angin tidak akan mampu menembus evaporator, alhasil embusan AC mengecil dan udara di kabin terasa kurang sejuk,” ucap Muhlison.

Dia juga menjelaskan seharusnya ketika evaporator terlalu dingin, maka sensor melaporkan ke ECU untuk memutus perintah kerja kompresor sehingga AC kembali optimal.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal supaya Hemat Bahan Bakar?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

"Jika memang benar AC membeku, selang low akan tampak putih seperti es, itu dapat dijadikan tanda," ucap Muhlison.

Jadi, salah satu penyebab AC kurang dingin ketika mobil melaju adalah rusaknya atau setelan suhu di evaporator yang tidak pas yang menyebabkan pembekuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com