Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Fitur Aprilia RS-GT 200, Skutik Bongsor dari Italia

Kompas.com - 09/09/2022, 20:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia SR-GT 200 meluncur pada Agustus 2022. Motor baru ini merupakan tonggak Aprilia untuk terjun ke segmen skutik bongsor, bersaing dengan nama-nama asal Jepang seperti Honda ADV 160 dan Yamaha Xmax.

Setelah sebelumnya membahas soal desain, maka kali ini Kompas.com akan membahas fitur. Sebab seperti diketahui, selain desain fitur merupakan hal krusial yang bisa jadi penentu calon konsumen menentukan pilihan.

Baca juga: Bagnaia Fokus Kejar Kemenangan, Bukan Kejar Poin Quartararo

Fitur pertama ialah motor sudah memakai lampu LED. Kenyamanan berkendara pakai windshield besar di depan tapi ketinggiannya tidak bisa diatur. Ban depan 14 inci dan belakang 13 inci dibalut ban Michelin Anakee tipe all terain.

Tampilan motor Aprilia SR-GT saat peluncuran di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Tampilan motor Aprilia SR-GT saat peluncuran di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Suspensi depan teleskopik diameter as 30 mm dengan jarak main 120 mm dan belakang model kembar dengan jarak main 102 mm. Supaya lebih nyaman suspensi belakang dapat diatur tingkat kekerasannya.

Rem depan cakram model gelombang lingkar 260 mm dan belakang cakram 220 mm. Rem depan ABS agar pengereman lebih maksimal.

Kunci kontak masih pakai anak kunci tradisional namun Aprilia namun Aprilia membekali dengan fitur keamanan anti maling immobilizer.

Baca juga: Cara Sederhana Bikin Toyota Kijang Innova Tampil Lebih Segar

Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya menjadi tonggak Aprilia yang merupakan merek asal Italia terjun ke segmen skuter bongsor yang saat ini dikuasai Jepang.
Foto: KOMPAS.com/Adityo Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya menjadi tonggak Aprilia yang merupakan merek asal Italia terjun ke segmen skuter bongsor yang saat ini dikuasai Jepang.

Aprilia SR-GT 200 memiliki bagasi di bawah jok berkapasitas 25 liter. Di atas kertas kalah besar dari ADV 160 yang memiliki kapasitas 30 liter.

Mesin berkapasitas 174,3cc, 4 langkah, SOHC, 4 katup injeksi berpendingin cairan, dengan transmisi CVT. Nama 200 merupakan pembulatan yang mana jamak dilakukan di dunia otomotif.

Rincian mesinnya memiliki bore x stroke 61,5 x 58,7 mm. Tenaga maksimal mampu menghasilkan 17,4 tk di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com