Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeep Listrik Resmi Diperkenalkan, Punya Nama Jeep Avenger EV

Kompas.com - 09/09/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeep akhirnya memperkenalkan SUV kompak terbarunya yang sudah berstatus battery electric vehicle (BEV), yakni Jeep Avenger EV. SUV listrik ini diperkenalkan bertepatan dengan 4Xe Day yang berlangsung Kamis (8/9/2022).

Pada acara tersebut, Jeep juga memperkenalkan tiga produk elektrifikasi lainnya. Pertama ada Jeep Recon, offroader full electric yang terinspirasi dari Rubicon, lalu ada Wagoneer "S" dan Wagoneer SUV yang diperkenalkan di Amerika pada 2024.

Untuk Jeep Avenger EV, tidak akan dijual di Amerika, tapi akan menyasar market Eropa mulai 2023. Pengenalan lebih lengkap akan berlangsung di Paris Motor Show Oktober 2022 mendatang.

Baca juga: Jeep Segera Meluncurkan SUV Kompak Listrik, Diduga Jeepster

Jeep Avenger EVCARSCOOPS.COM Jeep Avenger EV

Dikutip dari Carscoops.com, Avenger EV merupakan produk pertama Jeep yang memakai basis STLA Stellantis. Selain itu, SUV Electric ini juga jadi langkah awal Jeep mencapai target 100 persen lini produk elektrik di Eropa pada 2030.

Walaupun punya dimensi yang kompak, Avenger EV juga punya kemampuan off-road yang baik. Bisa dilihat dari ground clearance yang tinggi serta break-over angle yang baik.

Kabarnya, Avenger EV bakal punya daya jelajah mencapai 400 km. Selain itu ditawarkan dalam pilihan two-wheel drive dan all-wheel drive (AWD), tergantung dari pemilihan satu motor listrik bertenaga 94 TK atau sepasang (dipasang di belakang).

Baca juga: Perbedaan SPBU Merah, Biru dan Hijau Milik Pertamina

Jeep Avenger EVCARSCOOPS.COM Jeep Avenger EV

Selain itu, bakal tersedia juga versi hybrid yang tampilannya akan identik dengan Avenger EV. Kemudian, SUV mungil ini akan diproduksi di Tychy, Polandia bersama dengan SUV Alfa Romeo dan Fiat.

Antonella Bruno, Head of Jeep Europe Stellantis mengatakan, Avenger menawarkan kapabilitas Jeep yang pas untuk pasar Eropa.

"Jeep Avenger EV cocok untuk customer yang mencari kendaraan yang bisa diandalkan, kompak, modern, dan bisa jadi alternatif dari mobil lain yang sudah ada," ucapnya.

Jeep belum mengumumkan berapa banderol dari Avenger EV. Namun pembeli di Eropa sudah bisa memesan mulai 17 Oktober 2022 di mana Avenger EV diperkenalkan di Paris Motor Show.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com