Kompas.com - 09/09/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pendatang baru, Hyundai tak mau kalah menyajikan ragam fitur untuk Stargazer yang bermain di segmen low multi purpose vehicle, alias MPV murah.

Bahkan bisa dibilang fitur keselamatan aktif Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang diberi nama SmartSense ini, lebih lengkap dari para kompetitor di segmennya.

Namun dalam penggunaannya, tak sedikit konsumen yang belum memahami cara kerja dari fitur-fitur tersebut. Bahkan ada yang meminta Smartsense untuk dinonaktifkan, dan ada juga yang menganggap fitur tersebut tak bekerja.

Baca juga: Impresi Geber Hyundai Stargazer Malang-Solo

Menanggapi hal ini Technical Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fatoni menjelaskan, ADAS pada Stargazer tak bisa dinonaktifkan. Kondisi ini juga menjadi pekerjaan rumah untuk memberikan edukasi.

"Ada yang minta fitur Lane Keeping Assist (LKA) dimatikan, ada yang menganggap juga fitur lainnya tak berfungsi. Ini jadi pekerjaan rumah untuk memberikan edukasi ke masyarakat, karena pada dasarnya ADAS ini jadi upaya untuk melindungi konsumen saat berkendara," ujar Fatoni, beberapa waktu lalu saat media test drive Stargazer di Jawa Timur.

Test Drive Hyundai Stargazer Malang, BatuKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test Drive Hyundai Stargazer Malang, Batu

"Untuk beberapa fitur memang tak bisa dinonaktifkan, karena ini perangkat keselamatan aktif. Untuk yang dianggap tak berfungsi, sebenarnya tidak demikian. Karena memang ada sistemnya yang baru berfungsi pada kecepatan tertentu," lanjutnya.

Sama dengan para rivalnya yang menyematkan teknologi keselamatan aktif menggunakan sensor, beberapa fitur memang baru bekerja ketika kendaraan memenuhi kriteria tertentu, contoh dari segi kecepatan.

Baca juga: Biaya Isi Pertamax Full Tank Avanza, Xenia, Xpander, dan Stargazer

Berikut cara kerja beberapa fitur SmartSense Hyundai Stargazer yang harus dipahami calon konsumennya ;

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)

Fitur ini membuat mobil melakukan pengereman secara otomatis saat maju ke depan dengan mengenali kendaraan dan pejalan kaki. FCA bekerja dan mendeteksi kendaraan di depan saat kendaraan ada di kecepatan 10–180 Km per jam (kpj).

Hyundai StargazerHMID Hyundai Stargazer

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.