Kompas.com - 09/09/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso sudah resmi pensiun dari MotoGP. Meski demikian, dia masih terlihat mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano, Italia.

Dovizioso tidak lagi menjalani sesi tes untuk Yamaha. Meskipun masih mengendarai YZR-M1 dari RNF MotoGP Racing Team, tapi pebalap asal Italia ini sedang menguji helm baru.

Baca juga: Grazie Andrea Dovizioso, 3 Kali Nyaris Juara Dunia MotoGP

Helm tersebut adalah buatan Alpinestars yang diberi nama Supertech R10. Tapi, kali ini desainnya berbeda, terlihat lebih aerodinamis. Desainnya mengikuti helm lainnya yang digunakan pebalap MotoGP dengan spoiler di bagian belakang.

Andrea Dovizioso mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano, Italia, untuk mengembangkan helm Alpinestarts Supertech R10Dok. Fermino Fraternali Andrea Dovizioso mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano, Italia, untuk mengembangkan helm Alpinestarts Supertech R10

Alpinestars sendiri bukan pemain baru di dunia helm. Produsen perlengkapan berkendara ini punya divisi helm sejak sepuluh tahun lalu.

Helm off-road pertama Alpinestars resmi meluncur pada 2018, yakni S-M10. Helm tersebut banyak juga digunakan para pebalap motocross di kejuaraan MXGP.

Baca juga: Crutchlow Siap Menggantikan Posisi Dovizioso Sampai Akhir Musim

Dovizioso sendiri terlibat dalam pengembangan helm sejak awal. Maka itu, musim ini dia selalu menggunakan helm Shoei tanpa logo. Pada awal 2022, Dovizioso juga sudah menguji helm ini menggunakan motor superbike.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Andrea Dovizioso telah resmi pensiun usai finis ke-12 di MotoGP San Marino 2022, Minggu (4/9/2022).  Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Andrea Dovizioso telah resmi pensiun usai finis ke-12 di MotoGP San Marino 2022, Minggu (4/9/2022). Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Pengembangannya sudah semakin maju, kami sepenuhnya siap untuk trek balap, hanya tinggal masalah pengaturan saja. Kami berharap bisa ada di pasaran pada akhir 2023. Tapi, tujuannya adalah bisa berada di trek dalam balapan tahun depan," ujar Manajer Media dan Komunikasi Alpinestars Chris Hillard, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (8/9/2022).

Hillard menambahkan, tujuan Alpinestars adalah menciptakan perlindungan untuk pebalap dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.