Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovizioso Masih Ikuti Sesi Tes, Kembangkan Helm Alpinestars

Kompas.com - 09/09/2022, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso sudah resmi pensiun dari MotoGP. Meski demikian, dia masih terlihat mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano, Italia.

Dovizioso tidak lagi menjalani sesi tes untuk Yamaha. Meskipun masih mengendarai YZR-M1 dari RNF MotoGP Racing Team, tapi pebalap asal Italia ini sedang menguji helm baru.

Baca juga: Grazie Andrea Dovizioso, 3 Kali Nyaris Juara Dunia MotoGP

Helm tersebut adalah buatan Alpinestars yang diberi nama Supertech R10. Tapi, kali ini desainnya berbeda, terlihat lebih aerodinamis. Desainnya mengikuti helm lainnya yang digunakan pebalap MotoGP dengan spoiler di bagian belakang.

Andrea Dovizioso mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano, Italia, untuk mengembangkan helm Alpinestarts Supertech R10Dok. Fermino Fraternali Andrea Dovizioso mengikuti sesi tes di Sirkuit Misano, Italia, untuk mengembangkan helm Alpinestarts Supertech R10

Alpinestars sendiri bukan pemain baru di dunia helm. Produsen perlengkapan berkendara ini punya divisi helm sejak sepuluh tahun lalu.

Helm off-road pertama Alpinestars resmi meluncur pada 2018, yakni S-M10. Helm tersebut banyak juga digunakan para pebalap motocross di kejuaraan MXGP.

Baca juga: Crutchlow Siap Menggantikan Posisi Dovizioso Sampai Akhir Musim

Dovizioso sendiri terlibat dalam pengembangan helm sejak awal. Maka itu, musim ini dia selalu menggunakan helm Shoei tanpa logo. Pada awal 2022, Dovizioso juga sudah menguji helm ini menggunakan motor superbike.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Andrea Dovizioso telah resmi pensiun usai finis ke-12 di MotoGP San Marino 2022, Minggu (4/9/2022).  Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Andrea Dovizioso telah resmi pensiun usai finis ke-12 di MotoGP San Marino 2022, Minggu (4/9/2022). Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Pengembangannya sudah semakin maju, kami sepenuhnya siap untuk trek balap, hanya tinggal masalah pengaturan saja. Kami berharap bisa ada di pasaran pada akhir 2023. Tapi, tujuannya adalah bisa berada di trek dalam balapan tahun depan," ujar Manajer Media dan Komunikasi Alpinestars Chris Hillard, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (8/9/2022).

Hillard menambahkan, tujuan Alpinestars adalah menciptakan perlindungan untuk pebalap dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com