Kompas.com - 08/09/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski mulai tergeser transmisi matik, mobil manual belum punah dari pasar otomotif Tanah Air. Sampai saat ini beberapa pabrikan masih memproduksinya.

Mobil manual dianggap memiliki durabilitas dari segi ketahanan komponen yang lebih awet, bahkan dianggap konsumsi bahan bakarnya lebih irit dari matik.

Hal ini lantaran pengemudi yang lebih berperan mengatur perpindahan kecepatan. Bila gaya berkendara teratur, maka kebutuhan bahan bakar bisa lebih ditekan.

Lantas apakah anggapan itu benar?

Baca juga: Kenapa Kebanyakan Kendaraan Niaga Menggunakan Transmisi Manual?

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, ukuran efisiensi bahan bakar mobil manual bisa berpatokan gaya mengemudi. 

"Bensin boros atau irit tergantung, faktornya ada banyak. Asal tekan pedal gas, terlalu sering injak rem, atau main rpm tinggi hasilnya konsumsi BBM terpengaruh," ucap Bambang dihubungi Kompas.com, Kamis (8/9/2022). 

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Dari semua faktor tersebut, paling menentukan soal konsumsi bahan bakar yakni teknik perpindahan gigi. 

Membawa mobil manual suka oper gigi di rpm tinggi, maka torsi mesin hanya akan terbuang percuma. Pasalnya, teknik eco driving yang benar, pengemudi harus tau celah dan waktu bila hendak oper gigi. 

Tenaga dan torsi itu berbeda, bila tidak paham maka upaya biar BBM irit bisa gagal. Umumnya, torsi mesin sudah bisa didapatkan pada putaran mesin menengah.

Jika tenaga, tidak ada batasan, yang wajib diperhatikan jangan sampai jarum rpm speedometer mentok dengan red line

Baca juga: Benar atau Tidak, Pasang Spoiler Bikin Mobil Irit BBM?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.