Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Sebut Karakter Mesin M1 untuk Musim Depan Berubah

Kompas.com - 08/09/2022, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo tampak puas setelah menjalani sesi tes resmi di Sirkuit Misano, Italia. Menurutnya, Yamaha YZR-M1 versi 2023 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Pada sesi tes hari kedua, terlihat catatan kecepatan maksimum yang ditorehkan Quartararo tak jauh berbeda dengan kompetitornya. Bahkan, bisa dikatakan cukup bersaing.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP San Marino, Bagnaia Terus Tempel Quartararo

"Saya senang. Kami bisa mengonfirmasi bahwa mesin mengalami peningkatan besar. Saya slipstream dengan Zarco dan top speed sangat bagus," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (8/9/2022).

Fabio Quartararo saat menjalani Tes Misano 2022Twitter @YamahaMotoGP Fabio Quartararo saat menjalani Tes Misano 2022

Quartararo menambahkan, top speed Yamaha M1 saat slipstream bisa tembus 298 kilometer per jam. Namun, jika dilihat rata-ratanya, maka motor ini cukup kuat.

"Jika Anda lihat data pebalap lain, kami benar-benar meningkat. Kami juga bekerja di bagian elektronik, karena karakter mesin sedikit berbeda," kata Quartararo.

Baca juga: Naik Podium di MotoGP Austria, Miller Angkat Topi Buat Quartararo

Quartararo mengatakan, dia bisa mencatatkan 1 menit 31,3 detik dengan ban yang sudah digunakan selama 26 lap. Saat ban baru digunakan, dia bahkan tidak menyadari bahwa itu ban yang baru. Jadi, cengkraman ban yang dihasilkan sangat baik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Monster Energy Yamaha MotoGP (@yamahamotogp)

"Saya sangat puas, karena ini baru tes pertama untuk purwarupa yang baru. Saya punya kecepatan yang sangat bagus," ujarnya.

Meski demikian, Quartararo menambahkan, masih ada peningkatan yang bisa dilakukan oleh Yamaha. Waktu yanh tersedia juga cukup panjang untuk sampai ke sesi tes pra-musim.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

"Mesinnya mengalami sedikit perubahan karakter. Tapi, saya masih merasakannya saat di rumah. Kami harus bekerja pada area pertama dari akselerasi. Motornya cukup tenang, tidak agresif. Pada siang harinya, kami fokus mengerjakan aerodinamika," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com