Kompas.com - 08/09/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM resmi meluncurkan supercar pertamanya yang legal dikendarai di jalan raya, yakni X-Bow GT-XR. Mobil ini diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, hanya 100 unit di dunia.

Dikutip dari Carscoops.com, Rabu (7/9/2022), X-Bow GT-XR sangat mirip dengan mobil balap GTX dan GT2 buatan KTM dari segi eksterior. Mobil ini menggunakan monocoque dari serat karbon dan pipa baja berkekuatan tinggi. Sehingga, bobotnya hanya 1.130 kg.

KTM X-Bow GT-XRDok. Carscoops.com KTM X-Bow GT-XR

Baca juga: KTM Factory Racing Bakal Terapkan Teknologi F1 pada MotoGP 2023

Soal dapur pacu, KTM membekalinya dengan mesin Audi berkapasitas 2.5 L, 5-silinder plus turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 500 Tk pada 6.350 rpm dan torsi 581 Nm pada 5.550 rpm.

KTM X-Bow GT-XRDok. Carscoops.com KTM X-Bow GT-XR

Mesinnya dikombinasikan dengan sistem transmisi dual clutch 7-percepatan. Tenaga yang dihasilkan dialirkan ke roda belakang dengan bantuan limited slip differential.

Untuk kemampuan akselerasinya, GT-XR mampu melaju hingga 100 Kpj dalam 3,4 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim tembus 280 Kpj.

KTM X-Bow GT-XRDok. Carscoops.com KTM X-Bow GT-XR

Baca juga: Aprilia Mengaku Takut dengan KTM RC16 Musim Depan

Meskipun KTM memprioritaskan penggunaan mobil ini di trek, tapi pabrikan asal Austria tersebut mengklaim mobil ini cocok untuk dikendarai harian.

KTM X-Bow GT-XRDok. Carscoops.com KTM X-Bow GT-XR

Mengintip bagian kabin, terlihat desain interiornya dihiasi dengan serat karbon. Nuansanya juga kental dengan aura balap. Joknya saja menggunakan sabuk pengaman empat titik.

Kabarnya, 100 unit tersebut akan diproduksi setiap tahunnya. Untuk harganya sendiri, mobil ini akan dipasarkan dengan 284.900 euro atau sekitar Rp 4,2 miliaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.