Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Air AC Bagus untuk Menambah Air Aki?

Kompas.com - 07/09/2022, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Air aki bisa berkurang seiring usia pemakaian, maka dari itu stok air aki di rumah perlu diadakan agar sewaktu-waktu bisa digunakan untuk menambah volume.

Jika memang stok air aki di rumah habis, dalam keadaan darurat katanya boleh menggunakan air AC untuk menambah.

Lantas, apakah benar air AC bagus untuk menambah air aki?

Baca juga: Tambah Air Aki, Baiknya Pakai Botol Merah atau Biru?

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Pemilik Best Aki Arie, mengatakan penggunaan air AC untuk menambah air aki hanya boleh dilakukan ketika darurat saja, disarankan tetap menggunakan air aki.

“(menggunakan air AC untuk menambah air aki) dalam keadaan darurat tidak apa-apa, tapi disarankan tetap memakai air demineral atau air aki yang dikemas dengan botol biru,” ucap Arie kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan air demineral yang dijual di pasaran dengan kemasan biru itu air yang sudah disuling sehingga tidak ada mineral yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Mitos atau Fakta Air Aki Bisa Busuk?

Isi air aki mobilKompas.com Isi air aki mobil

Air AC sebenarnya sama juga, karena air itu dihasilkan dari proses penyulingan alami, tapi yang menjadi masalah adalah proses penampungannya,” ucap Arie.

Dia mengatakan wadah atau saluran yang digunakan untuk menampung air AC harus benar-benar steril. Jika tidak, maka air AC cenderung akan terkontaminasi dengan zat-zat lainnya.

Maka dari itu, Arie menyarankan untuk tetap menggunakan air aki dengan kemasan botol biru untuk menambah, kecuali dalam keadaan darurat dia mengatakan masih bisa ditoleransi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com