Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Aksi Demo, Hindari Kawasan Patung Kuda dan Gedung DPR

Kompas.com - 06/09/2022, 13:26 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Imbas kenaikan harga BBM subsidi pada akhir pekan lalu, sejumlah massa menggelar aksi memprotes kenaikan banderol bensin di Patung Kuda dan Gedung DPR, Jakarta Pusat pada Selasa (6/9/2022).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengatakan, pihaknya bakal melakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalan apabila dibutuhkan.

"Rekayasa lalin kita tentatif kita lihat situasional. Sekira tidak dibutuhkan ya tidak akan kita tutup," ujar Komarudin dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Resmi, Balapan MotoGP Bakal Berlangsung di Arab Saudi

Jalan Medan Merdeka Barat, atau kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, belum dilakukan penutupan setelah adanya rencana aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa pada Senin (5/9/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Jalan Medan Merdeka Barat, atau kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, belum dilakukan penutupan setelah adanya rencana aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa pada Senin (5/9/2022).

"Tapi sekira nanti memang jumlah massanya diperkirakan bisa menutup Jalan Gatot Soebroto, ya akan kita tutup khususnya yang dari Semanggi menuju Slipi," kata dia.

Seperti diketahui, sejak Senin (5/9/2022) kemarin, elemen buruh dan mahasiswa sudah menggelar aksi memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Sejumlah titik disiagakan personel kepolisian. Selain mengamankan demo, personel juga diturunkan untuk mengatur lalu lintas agar tetap lancar.

Baca juga: Harga Vivo Ikutan Naik, Ini Daftar Harga BBM per September 2022

“Ada sembilan titik demo dari 19 elemen massa,” kata Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta, disitat dari Korlantas Polri (5/9/2022).

Meski begitu, Purwanta tidak merinci titik demo tersebut di mana saja. Namun, titik aksi massa nantinya terpusat di Gedung DPR dan kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk menghindari kawasan tersebut. Bagi yang ingin menuju Slipi dari arah Semanggi, mungkin bisa menuju kawasan Bendungan Hilir sebagai alternatif atau memutar lewat Permata Hijau.

Sementara bagi pengendara yang ingin menuju kawasan Gajah Mada dari arah Sudirman, bisa memilih Jalan Cideng atau Gunung Sahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com