Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Jok Yamaha Nmax 155 Mudah Dibobol

Kompas.com - 03/09/2022, 17:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Beredar video di Instagram bahwa jok motor Yamaha Nmax bisa dibuka dari sisi samping tanpa menggunakan kunci. Tampak dalam video yang diunggah oleh akun @merapi_uncover hanya bermodalkan tangan kosong jok motor 155 cc ini bisa dibuka dengan mudah.

Perlu diketahui, pada dasarnya motor ini memang dibekali kabel untuk menarik tuas kunci jok yang ada di belakang. Hampir semua motor menggunakan kabel untuk mekanisme kunci jok.

Pemilik Geovani Motor Tugiyo, mengatakan Yamaha Nmax yang ada di video tersebut adalah tipe lama, sementara yang tipe baru sudah lebih susah untuk dibobol.

Baca juga: Cek Harga Ban Yamaha NMAX per Juni 2022, Mulai Rp 270.000

Seorang pencuri motor nekat beraksi mengambil motor Yamaha Nmax putih milik seorang kameramen sebuah televisi TV swasta raib di rumahnya Jalan Tebet Barat Dalam No 3 RT 004/  RE 005, Tebet, Jakarta Selatan.Dok. Pribadi Seorang pencuri motor nekat beraksi mengambil motor Yamaha Nmax putih milik seorang kameramen sebuah televisi TV swasta raib di rumahnya Jalan Tebet Barat Dalam No 3 RT 004/ RE 005, Tebet, Jakarta Selatan.

“Itu Yamaha Nmax lama, yang memang mekanisme untuk bukaan jok ada di sebelah kiri, tertutup oleh dek, terlihat juga itu yang tipe kunci manual, belum yang keyless,” ucap Tugiyo kepada Kompas.com, Sabtu (3/9/2022).

Dia mengatakan mekanisme pembuka jok pada sebagian besar sepeda motor masih menggunakan kabel, dan untuk membukanya memang bisa dengan menariknya saja.

“Untuk yang Yamaha Nmax tipe baru, yang New Nmax itu sudah tidak bisa dirogoh dengan tangan, karena sudah ada tutupnya dan susah dibuka,” ucap Tugiyo.

Baca juga: Yamaha X Force, Saudara NMAX dan Aerox Khusus buat Perkotaan

Aktor laga Iko Uwai dengan Yamaha Nmax Dok. Yamaha Aktor laga Iko Uwai dengan Yamaha Nmax

Dia juga mengatakan pembaruan dari dealer pasti dilakukan, salah satunya ya menutup celah bagi pelaku kriminal.

“Hampir semua sepeda motor menggunakan kabel, hanya saja tidak semua tahu di mana jalur kabel tersebut, dan apakah mudah atau susah untuk meraihnya, itu akan menentukan mudah atau tidaknya jok motor dibobol,” ucap Tugiyo.

Dia juga mengatakan, bagi pemilik motor Yamaha Nmax tipe lama sebaiknya lebih hati-hati. Jika memang kabel tuas kuncian jok tersebut mudah diraih, maka sebaiknya dilakukan penutupan atau disembunyikan di sudut yang lebih tidak terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com