Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip MX King, Pabrikan Malaysia Bikin Bebek Mesin 175 cc

Kompas.com - 01/09/2022, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comOttimo Motorcycle, produsen sepeda motor Malaysia, sedang mengembangkan motor bebek yang bakal menantang Yamaha Exciter 155 alias MX King, sekaligus Honda Supra GTR.

Menariknya, bebek super ini mengusung mesin dengan kapasitas lebih besar dibanding pesainya, yakni sebesar 175 cc.

Dilansir dari Greatbiker (1/9/2022), Ottimo Motorcycle telah meluncurkan proyek Super Moped sejak pertengahan tahun 2021.

Baca juga: Pertamina Turunkan Harga, Ini Banderol BBM Nonsubsidi per September 2022

Ilustrasi motor bebek Ottimo Motorcycle berkapasitas 175 ccgreatbiker.com Ilustrasi motor bebek Ottimo Motorcycle berkapasitas 175 cc

Pengembangannya akan dilakukan tim Ottimo di Malaysia, tempat di mana pasar motor underbone masih cukup populer.

Secara tampilan, motor ini punya desain yang mirip dengan Yamaha Exicter 155, tetapi dengan kapasitas mesin 175 cc, atau setara dengan Benelli R18i.

Melihat tampilannya, bebek super ini punya gaya yang serba tajam dan agresif. Lampu depan pakai motif poligon, dengan lampu DRL LED yang terpisah berada di bawah headlamp.

Baca juga: Kena Macet karena Jalan Dipenuhi Lumpur Galian PLN, Pasha Ungu Protes

Sementara fairing bagian samping terlihat mengalir dari depan ke belakang. Adapun desain bagian belakang, terutama bagian lampu belakang, sepatbor, serta knalpot tampak berbeda dengan pesaingnya.

Pada 31 Agustus 2021 yang bertepatan dengan Hari Nasional Malaysia, Ottimo Motorcyle mulai merilis bentuk paten dari motor ini. Kabarnya, proporsi motor makin mendekati versi produksi yang sebenarnya.

Satu hal yang menarik adalah perihal tenaga dari mesin 175 cc yang kabanya mencapai sekitar 17-19 tk dan torsi maksimum 15-17 Nm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan dan dibekali sistem pendingin cairan.

Nantinya, versi produksi mungkin akan diluncurkan pada awal 2023 dan tersedia dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan para pesaingnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com